NEWSTICKER

NEWS

Jadi Saksi Sidang TPPO, Terbit Rencana Jelaskan Soal Lokasi Kerangkeng Manusia

Jadi Saksi Sidang TPPO, Terbit Rencana Jelaskan Soal Lokasi Kerangkeng Manusia

Top News • 33 minutes ago

Sidang Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kerangkeng manusia di rumah Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Perangin-angin kembali digelar, Selasa (27/9/2022). Terbit dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan terdakwa Terang Ukur Sembiring, Jurnnalista Surbakti, Rajisman Ginting dan Suparman Perangin-angin.

Terbit yang hadir secara daring dalam persidangan di Pengadilan Negeri Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ditanyakan majelis hakim soal lokasi kerangkeng manusia yang berada di belakang rumahnya termasuk perihal izinnya.
 
Terbit menjelaskan kepada majelis hakim, kerangkeng manusia tersebut dibangun untuk memberantas narkoba di Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat. Kerangkeng manusia dibangun oleh Ketua Pimpinan Anak Cabang PP Kecamatan Kuala Taruna Perangin-angin yang merupakan kerabat kakek Terbit. Sidang Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kerangkeng manusia di rumah Terbit akan dilanjutkan pada Rabu, 28 September 2022.

Ibu dan Anak Hilang Ditelan Lubang Besar di Guatemala

Ibu dan Anak Hilang Ditelan Lubang Besar di Guatemala

Top News • 37 minutes ago

Seorang ibu dan anak perempuanya hilang setelah kendaraan yang mereka tumpangi ditelan lubang pembuangan besar di Guatemala. Petugas berhasil menyelamatkan suami korban yang dievakuasi dari lubang di Villa Nueva, Barat Daya Ibu Kota Guatemala. Sementara itu, istri korban serta putrinya masih dalam pencarian.

Sebelumnya kendaraan yang mereka tumpangi masuk ke dalam lubang pembuangan yang tiba-tiba terbuka di tengah jalan raya. Petugas gabungan pun dikerahkan ke lokasi untuk mencari korban.

Lubang besar ini diduga muncul akibat tingginya curah hujan di kawasan tersebut. Presiden Alejandro Gianmmattei menyatakan solidaritasnya untuk keluarga korban.

Warga Iran Tuntut Ungkap Kematian Mahsa Amini

Warga Iran Tuntut Ungkap Kematian Mahsa Amini

Top News • 40 minutes ago

Gelombang unjuk rasa terjadi di sejumlah kota besar di Iran menuntut pengungkapan kasus tewasnya Mahsa Amini, wanita asal Suku Kurdi yang diduga tewas dianiaya Polisi Moral Iran. Aksi demo juga meluas ke sejumlah Kedutaan Besar Iran di luar negeri, salah satunya di London, Inggris.

Aksi protes atas kematian Mahsa Amini menyebar setidaknya di 46 kota, baik kota kecil hingga ke desa, menuntut pertanggungjawaban dari pemerintahan Presiden Ebrahim Raisi. Media Pemerintah Iran pun menyebut, setidaknya ada 41 pengunjuk rasa dan aparat kepolisian yang meninggal dunia, dampak dari aksi unjuk rasa yang sudah dimulai sejak 17 September 2022 lalu.

Namun, media asing mengutip pernyataan resmi dari pihak berwenang menyebut, setidaknya ada 13 orang yang meninggal dan 1.200 demonstran yang ditangkap aparat keamanan. Kematian wanita asal Suku Kurdi Mahsa Amini juga memicu kecaman dari negara-negara barat dan PBB serta memunculkan aksi protes sebagai bentuk solidaritas di berbagai negara.

Sementara itu, aksi unjuk rasa yang berakhir ricuh terjadi di luar kantor Kedutaan Besar Iran di Kota London, Inggris. Massa dengan menggunakan batu melempar ke arah polisi sehingga aparat keamanan menangkap lima pengunjuk rasa. Polisi Metropolitan London menegaskan, para pengunjuk rasa telah melempar dan melanggar batas garis polisi di luar Kedutaan Iran di Princes Gate, Knightsbridge.

Gelombang unjuk rasa di Iran dilakukan sebagai bentuk kemarahan warga atas kematian Mahsa Amini yang ditangkap Polisi Moral, karena dinilai tidak menggunakan busana wanita sesuai aturan Pemerintah Iran. Polisi menyebut Amini meninggal karena serangan jantung dan tidak dianiaya. Namun, pihak keluarga meragukan penjelasan dari polisi.

Jokowi: Penyaluran BSU Sudah Mencapai 48,3%

Jokowi: Penyaluran BSU Sudah Mencapai 48,3%

Top News • 44 minutes ago

Presiden Jokowi menyerahkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk para pekerja di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Jokowi menyebut penyaluran BSU saat ini telah mencapai 48,3%. Presiden Jokowi didampingi Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, menyerahkan BSU kepada para pekerja di Kantor Pos Kota Baubau.

Jumlah calon penerima manfaat BSU di Kota Baubau sebanyak 79.675 orang dan yang sudah menerima sebanyak 19.286 orang atau 24,21%. Secara nasional, BSU yang sudah tersalurkan sebanyak 7,77 juta penerima atau mencapai 48,3%. Sedangkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga saat ini sudah disalurkan untuk 19, 7 juta penerima atau 95,9%.

Jokowi melihat penyaluran bantuan berjalan baik dan cepat, serta diharapkan dalam akhir tahun ini bantuan selesai tersalurkan semuanya kepada seluruh penerima manfaat.

Presiden Jokowi menyempatkan diri blusukan di Kota Baubau ke permukiman warga di sekitar Pantai Kamali. Kedatangan Jokowi membuat warga kaget, sekaligus senang karena mereka mendapat paket bantuan sosial dari Presiden.

Ma'ruf Amin Bertemu PM Jepang Fumio Kishida Bahas Presidensi Indonesia di G20

Ma'ruf Amin Bertemu PM Jepang Fumio Kishida Bahas Presidensi Indonesia di G20

Top News • 45 minutes ago

Wakil Presiden Kiai Haji Ma'ruf Amin melakukan pertemuan kenegaraan dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Istana Akasaka, Tokyo Senin (26/9/2022) waktu Jepang membahas dukungan Jepang pada Presidensi Indonesia di G20. Lawatan Wapres Ma'ruf Amin ke Jepang sekaligus untuk menghadiri pemakaman Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Kedatangan Wakil Presiden, Kiai Haji Ma'ruf Amin untuk menindaklanjuti hasil pertemuan Presiden Joko Widodo dan Kishida di Tokyo pada Juli lalu soal penguatan kerja sama bidang ekonomi, kesehatan, peningkatan kapasitas SDM dan ketenagakerjaan. Mar'uf juga memastikan dukungan Jepang pada Presidensi Indonesia di G20.

Indonesia adalah satu dari 218 negara dan organisasi internasional yang memenuhi undangan prosesi pemakaman Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan, Selasa (27/9/2022). Dalam pertemuan selama 15 menit tersebut, Ma'ruf juga menyampaikan bela sungkawa kepada Pemerintah Jepang.

TK dan SD Islam Nurmadani di Pandau Jaya Riau Terbakar

TK dan SD Islam Nurmadani di Pandau Jaya Riau Terbakar

Top News • 48 minutes ago

Kompleks Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar Islam Nurmadani di Kabupaten Kampar, Riau, terbakar, Selasa (27/9/2022). Kebakaran menghanguskan sebagian besar bangunan sekolah ini. Dua unit mobil damkar pun langsung dikerahkan untuk memadamkan api. 

Dalam waktu singkat, api menghanguskan sekolah dua lantai ini. Hampir seluruh sarana pendidikan dalam kompleks Nurmadani terbakar seperti meja, kursi, lemari dan buku pelajaran siswa. Diduga, api berasal dari salah satu ruangan di lantai dua.

Hingga kini, polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Prosesi Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Dihadiri Sejumlah Pemimpin Dunia

Prosesi Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Dihadiri Sejumlah Pemimpin Dunia

Top News • 52 minutes ago

Pemerintah Jepang menggelar pemakaman kenegaraan terhadap Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Pemakaman kenegaraan untuk Mantan Perdana Menteri Jepang ini dihadiri sejumlah pemimpin dunia. 

Sejumlah pemimpin dunia yang hadir pada pemakaman ini, diantaranya Mantan Perdana Menteri Inggris Theresa May, Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris, dan Wapres RI Ma'ruf Amin. 

Sebelumnya, Shinzo Abe tewas ditembak pria bernama Yamagami Tetsuya saat tengah berkampanye di Kota Nara. Pelaku pernah bekerja di angkatan laut Jepang dan tidak puas dengan kebijakan Abe saat menjabat.

Sambangi KPU, Partai NasDem Revisi Dokumen Sipol

Sambangi KPU, Partai NasDem Revisi Dokumen Sipol

The Election Channel • 1 hour ago Partai NasDem

Partai NasDem mendatangi KPU RI untuk memperbaiki dokumen di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Sebelumnya, KPU RI memberikan kesempatan parpol untuk memperbaiki dokumen mereka di akun Sipol.
 
Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem Dedy Ramanta memperbaiki dokumen 14 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang belum lengkap. Selain itu, Partai NasDem menambah jumlah keanggotaan di beberapa kabupaten, akibat sebelumnya terdapat data yang ganda maupun mengundurkan diri sebagai anggota partai.
 
Dedy berharap agar perbaikan ini tidak banyak menemui kendala sehingga pada 14 Oktober 2022 mendatang, Partai NasDem sudah bisa dinyatakan sebagai partai yang lolos verifikasi administrasi.

Partai NasDem Datang ke KPU Melengkapi 14 Dokumen DPD

Partai NasDem Datang ke KPU Melengkapi 14 Dokumen DPD

Headline News • 1 hour ago

Partai NasDem menyambangi KPU RI untuk memperbaiki dokumen di sistem informasi partai politik (Sipol). Sebelumnya, KPU RI memberikan kesempatan parpol untuk memperbaiki dokumen mereka di akun Sipol.
 
Diwakili wakil sekretaris Jenderal Partai NasDem, Dedy Ramant, Partai NasDem memperbaiki dokumen 14 dewan pimpinan daerah (DPD) yang belum lengkap. Selain itu Partai NasDem menambah jumlah keanggotaan di beberapa kabupaten, akibat sebelumnya ada data yang ganda maupun mengundurkan diri sebagai anggota partai.
 
Dedy pun berharap agar perbaikan ini tidak banyak menemui kendala. Sehingga pada 14 Oktober 2022 mendatang, Partai NasDem sudah bisa dinyatakan sebagai partai yang lolos verifikasi administrasi.

Tersangka Buron di Belu NTT Ditembak Mati Polisi, Keluarga Protes

Tersangka Buron di Belu NTT Ditembak Mati Polisi, Keluarga Protes

Top News • 1 hour ago hukum

Keluarga buronan kasus pengeroyokan yang diduga ditembak mati oleh polisi, mengarak jenazah keliling kota hingga Mapolres Nusa Tenggara Timur. Keluarga protes karena tersangka ditembak mati saat polisi melakukan penangkapan.

Sebelum penembakan terjadi, polisi sempat memberikan tembakan peringatan sebanyak tiga kali. Namun korban tetap melarikan diri. Polisi kembali melepaskan tembakan yang mengenai punggung. Korban sempat dilarikan ke rumah sakit sebelum dinyatakan meninggal dunia.

Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Setyo Budiyanto mengatakan, pihaknya akan melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan memeriksa dan mengumpulkan data terkait kasus tersebut.

"Kita lakukan pengumpulan data dan keterangan apakah ada penyimpangan atau kesalahan prosedur dalam proses penangkapan tersebut sehingga nanti dapat diambil suatu keputusan," ujar Kapolda NTT, Setyo Budiyanto.

Bawaslu: Pelanggaran Netralitas ASN Meningkat karena Medsos

Bawaslu: Pelanggaran Netralitas ASN Meningkat karena Medsos

The Election Channel • 1 hour ago Bawaslu

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan para kepala daerah untuk mewujudkan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di pemilu 2024. Bawaslu mengatakan media sosial menjadi salah satu penyebab meningkatnya pelanggaran netralitas ASN dalam Rakor tersebut. 
 
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja meminta para kepala daerah khususnya pejabat pembina kepegawaian melakukan sosialisasi penggunaan media sosial bagi ASN. Bagja menjelaskan persoalan ini menjadi perhatian Bawaslu karena pelanggaran netralitas ASN saat pilkada lebih banyak dibandingkan saat pemilu. Tercatat lebih dari seribu perkara yang ditangani Bawaslu saat penyelenggaraan pilkada 2020.

Ketua Komisi ASN, Agus Pramusinto menambahkan bahwa apabila terdapat ASN yang terbukti  memberi dukungan kepada calon legislatif maupun calon kepala daerah, baik di lapangan maupun di media sosial, maka sanksinya adalah pemblokiran promosi jabatan.

Longsor, Ruas Jalan Sajingan Besar Kalbar Tak Bisa Dilintasi

Longsor, Ruas Jalan Sajingan Besar Kalbar Tak Bisa Dilintasi

Headline News • 1 hour ago

Longsor terjadi di Kecamatan Sajingan Besar, Sambas, Kalimantan Barat. Longsor yang diakibatkan hujan deras itu, membuat ruas jalan negara putus sepanjang kurang lebih 50 meter.

Jalan tersebut diketahui merupakan proyek Kementerian PUPR yang pengerjaannya ditargetkan selesai pada akhir. Menurut Camat Sajingan Besar Robertus, saat ini jalan tersebut sudah dapat dilintasi oleh kendaraan dikarenakan sudah diperbaiki oleh pihak PUPR dan Balai Jalan Nasional.

Dendam Pengemudi Ojol Berujung Maut

Dendam Pengemudi Ojol Berujung Maut

Top News • 2 hours ago pengeroyokan

Seorang tukang parkir menghembuskan nafas terakhir karena dikeroyok pengemudi ojek online, kasus ini menambah panjang kasus-kasus kekerasan fatal yang berujung maut di ruang publik.

Puluhan pengemudi ojek online atau ojol mencari seorang tukang di Kawasan Tlogosari, Semarang. Para pengemudi ojol dendam karena sebelumnya ada tukang parkir yang menganiaya rekan mereka. Begitu ketemu, tukang parkir yang dicari kemudian menjadi bulan-bulanan para pengemudi ojol, hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Belakangan diketahui korban meninggal dunia. 

Pertikaian antara ojol dan tukang parkir ini bermula dari antrean BBM di sebuah SPBU di Kawasan Majapahit Semarang. Tak terima ditegur dan diserobot antreanya oleh ojol, tiga orang tukang parkir yang diduga dalam pengaruh minuman keras kemudian mengeroyok driver ojol hingga babak belur. Akhirnya, para driver ojol melakukan balas dendam. 
 
Tim Dokkes Polda Jawa Tengah bersama Inafis Polrestabes Semarang, Selasa (27/9/2022) pagi melakukan bongkar makam untuk mengautopsi jenazah Kukuh Panggayuh Utomo, seorang tukang parkir yang menjadi korban pengeroyokan anggota kelompok pengemudi ojol. Keluarga korban yang berada di Pemakaman Kyai Gentawur Boja Kendal lokasi autopsi, berharap polisi dapat bertindak adil dengan menangkap para pelaku aksi serangan balik yang menewaskan korban.

Petugas Polsek Pedurungan dibantu Satreskrim Polrestabes Semarang saat ini telah meringkus tiga pelaku pengeroyokan dan masih memburu sejumlah pelaku lainnya.
 
Akhirnya, Tim Unit Resmob Polrestabes Semarang menangkap empat orang driver ojol pelaku pengeroyokan tukang parkir hingga tewas. Mereka adalah BS warga Semarang, ZA warga Semarang, AB warga Sayung Demak serta SA warga Semarang. 

Keempatnya diamankan petugas karena terbukti melakukan penganiyaan terhadap tukang parkir, hingga menyebabkan korban meninggal dunia. Akibat peristiwa ini keempat driver ojol bisa dijerat pasal 170 KUHP tentang penganiayaan menyebabkan korban meninggal dunia dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Nekat Curi Puluhan Tablet & Laptop, Petugas Kebersihan Sekolah Ditangkap Polisi

Nekat Curi Puluhan Tablet & Laptop, Petugas Kebersihan Sekolah Ditangkap Polisi

Top News • 2 hours ago Pencurian

Satreskrim Polres Kota Langsa menangkap pria berinisial SUH, setelah nekat mencuri 79 tablet dan 10 laptop di SMKN 3 Kota Langsa, tempatnya bekerja sejak April 2022. Pelaku diduga sudah sangat paham situasi sekolah sehingga berulang kali mencuri. 

Pria berusia 31 tahun tersebut merupakan petugas kebersihan sekolah yang sangat dipercaya. Kasatreskrim Polres Kota Langsa Iptu Imam Aziz Rahman mengatakan dari pemeriksaan awal, pelaku sudah mencuri komputer sekolah sejak lima bulan lalu. 

Pelaku menjual barang curian tersebut pada seorang pria berinisial J yang kini masih buron. Akibat perbuatannya, tersangka SUH terancam hukuman tujuh tahun penjara dan kehilangan pekerjaannya.

Laga Kedua Indonesia vs Curacao, Pengamat: Kalau Konsisten, Skuad Garuda Bisa Menang Lagi

Laga Kedua Indonesia vs Curacao, Pengamat: Kalau Konsisten, Skuad Garuda Bisa Menang Lagi

Top News • 2 hours ago Timnas

Pada pertandingan leg kedua Indonesia vs Curacao di menit ke 45,Indonesia berhasil unggul 1-0. Pengamat sepakbola memprediksi Timnas Indonesia akan kembali meraih kemenangan pada pertandingan tersebut.

Menurut Kesit Handoyo selaku pengamat sepakbola, permainan Timnas Indonesia pada babak pertama berjalan sesuai dengan rencana Shin Tae-yong meskipun ada beberapa pergantian pemain inti. 

"Permainan Indonesia cukup bagus, mengalir, permainan dengan bola pendek. Saya pikir ini akan menjadi andalan pemain Indonesia," ujar Kesit Handoyo.

Kesit mengatakan selain Dimas Drajat, terdapat beberapa nama yang berpotensi dapat mencetak gol ke gawang Curacao. Sadil Ramdhani dan Egy Maulana menjadi nama yang dijagokan dapat menambah pundi-pundi gol. Kesit juga menambahkan, jika pemain timnas dapat bermain dengan konsisten ia yakin malam ini kemenangan menjadi milik Timnas Indonesia.

"Kalau Indonesia bermain konstan, konsisten kemenangan akan bisa diraih lagi," ujar Kesit Handoyo.  

Dinilai Menghalangi Proses Hukum, Pengacara Lukas Enembe Bisa Terjerat Pidana

Dinilai Menghalangi Proses Hukum, Pengacara Lukas Enembe Bisa Terjerat Pidana

Top News • 2 hours ago hukum

Komisi Pemberantasan Korupsi tengah mengkaji proses hukum terhadap pengacara Gubernur Papua, Lukas Enembe karena dinilai sudah menghalangi proses penyidikan Lembaga Antirasuah dalam kasus dugaan korupsi yang menjerat Lukas Enambe.
 
Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan, salah satu upaya Tim Kuasa Hukum Lukas Enembe yang dinilai merintangi penyidik yakni pemberian keterangan sakit kliennya. Padahal menurut KPK, Pengacara Lukas bukan dokter.
 
Kuasa hukum Lukas juga dinilai telah memberikan keterangan yang menggiring opini publik. Pembelaan terhadap klien itu diyakini sudah bukan kewenangan dari kuasa hukum.

Sebagai informasi, perintangan penyidikan bisa dipermasalahkan secara hukum berdasarkan pasal 221 KUHP dan pasal 21 Undang-Undang 31/1999. Lembaga Anti Korupsi sudah sering memperkarakan pihak yang diyakini merintangi penyidikan, salah satunya yakni eks Kuasa Hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi.

Korsleting Listrik, 4 Rumah di Rajawali Jambi Ludes Terbakar

Korsleting Listrik, 4 Rumah di Rajawali Jambi Ludes Terbakar

Top News • 2 hours ago

Sebanyak empat rumah di kawasan padat penduduk di Kelurahan Rajawali, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi, ludes terbakar. Diduga kebakaran terjadi akibat korsleting listrik. Kencangnya tiupan angin, dan bahan bangunan yang mudah terbakar, membuat api dengan cepat merambat ke bangunan lain.

Petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi sempat kesulitan untuk memadamkan api, karena lokasi kebakaran berada di kawasan padat penduduk. Menurut salah seorang warga, kebakaran berawal dari salah satu rumah yang tidak berpenghuni, lalu merambat ke bangnan lain. Dugaan sementara kebakaran terjadi akibat korsleting listrik.

Dua Misi Besar Indonesia di Konferensi ITU 2022 Rumania

Dua Misi Besar Indonesia di Konferensi ITU 2022 Rumania

Primetime News • 2 hours ago

Indonesia mempunyai dua misi besar dalam perhelatan Konferensi International Telecommunication Union (ITU) yang digelar di Rumania. Salah satunya adalah memperjuangkan wakil indonesia sebagai anggota dari Radio Regulation Board (RRB) untuk Region E Asia Pasifik ITU.

Konferensi Internasional Telecommunication Union (ITU) digelar di Gedung Parlemen Bucharest, Rumania mulai 26 September hingga 14 Oktober 2022. Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G Plate menghadiri secara langsung pembukaan konferensi badan khusus PBB untuk masalah teknologi informasi dan komunikasi ini.
 
Johnny G Plate mengatakan Indonesia membawa dua misi besar dalam konferensi tersebut. Pertama yakni memperjuangkan Indonesia sebagai anggota dewan ITU. Kedua memperjuangkan Doktor Meiditomo Sutyarjoko sebagai wakil indonesia di dalam keanggotaan Radio Regulation Board (RRB) untuk Region E Asia Pasifik ITU.

Indonesia harus berperan di konferensi tersebut, karena akan menjadi salah satu negara dengan kapasitas satelit terbesar di Asia dengan meneruskan pembangunan Base Transreceiver Station (BTS) di wilayah 3T (tertinggal, terluar dan terdepan). 

Sejumlah Warga Papua Minta Lukas Enembe Penuhi Panggilan KPK

Sejumlah Warga Papua Minta Lukas Enembe Penuhi Panggilan KPK

Top News • 2 hours ago korupsi

Sejumlah masyarakat Papua angkat bicara soal mangkirnya Gubernur Papua Lukas Enembe dari panggilan KPK. Sebagian meminta Lukas untuk mematuhi panggilan lembaga Anti Rasuah tetapi sebagian lainnya berharap KPK memahami masalah kesehatan Gubernurnya dan memberikan kesempatan untuk berobat.

Salah satu warga Papua Pascal Marcel mengatakan, dirinya berharap Lukas Enembe bisa memenuhi panggilan KPK, karena ada proses-proses hukum yang bisa ditempuh untuk membuktikan jika dirinya tidak bersalah.

Desas-desus Kontraknya Diperpanjang, Shin Tae-yong: Belum Ada Tawaran dari PSSI

Desas-desus Kontraknya Diperpanjang, Shin Tae-yong: Belum Ada Tawaran dari PSSI

Headline News • 3 hours ago

Jelang laga kedua melawan Curaco, berhembus kabar terkait rencana PSSI memperpanjang kontrak Shin Tae-yong. Namun pelatih asal Korea Selatan menyebut belum ada tawaran resmi dari PSSI dan ingin fokus sampai akhir kontrak tahun depan.

Wacana perpanjangan kontrak Shin Tae-yong sebelumnya diutarakan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Shin Tae-yong dianggap cocok menangani Timnas Indonesia. Namun, Shin Tae-yong mengaku belum pernah mendengar soal rencana perpanjangan kontrak dirinya sebagai pelatih Timnas Indonesia.

"Jujur belum ada koordinasi perpanjangan kontrak dengan PSSI, soalnya masih lama. Masih ada sisa sampai Desember 2023. Sekarang belum tahapnya berbicara itu. Jika ada persetujuan dari Ketua Umum PSSI memberi kepercayaan kepada saya,  saya akan berterima kasih. Tapi ini belum saat untuk bicara perpanjangan kontrak.", terang Shin Tae-yong

Momen Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Mendadak Ngonten di Angkot

Momen Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Mendadak Ngonten di Angkot

Primetime News • 3 hours ago

Dua gubernur yang digadang-gadang menjadi calon presiden, yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo mendadak menjadi sopir dan penumpang angkot. Bedanya, Anies menjadi sopir angkot Mikrotrans untuk menjajal rute Rawamangun-Duren Sawit, sedangkan Ganjar Pranowo menjadi penumpang demi mengetahui dampak kenaikan harga BBM.

Sopir yang mendampingi Anies pun mengaku lebih senang ketika angkotnya sudah terintegrasi dengan sistem JakLingko. Banyak penumpang yang kaget Anies mendadak jadi sopir angkot. Momen tersebut dimanfaatkan para penumpang untuk mengeluh karena masih kurangnya armada Mikrotrans.

Momen serupa dibagikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar sendiri hanya menjadi penumpang angkutan umum. Hal tersebut dilakukan Ganjar saat hendak pulang ke rumah dinasnya di Puri Gedeh, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang.

Hakim Itong Isnaeni Hidayat Dituntut 7 Tahun Penjara

Hakim Itong Isnaeni Hidayat Dituntut 7 Tahun Penjara

Headline News • 3 hours ago

Hakim nonaktif Pengadilan Negeri Surabaya Itong Isnaeni Hidayat dituntut tujuh tahun penjara oleh Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus suap penanganan perkara, Selasa (27/9/2022). Terdakwa Itong juga harus membayar uang denda Rp300 juta.

Jaksa KPK menilai Itong terbukti menerima suap dalam perkara pembubaran PT Soyu Primedika (SGP). Perbuatan Itong dinilai merusak kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan. Jaksa KPK menuntut Itong membayar uang pengganti sebesar Rp390 juta dan tetap ditahan. Apabila tidak dibayar, Itong wajib menajalani hukuman pengganti selama satu tahun kurungan. 

Sebelumnya, Hakim Itong ditangkap saat KPK melakukan OTT di PN Surabaya pada Januari 2022. Selain Hakim Itong, KPK turut mengamankan Panitera Pengganti Hamdan dan Pengacara Hendro Kasiono. KPK juga menemukan barang bukti suap senilai Rp450 juta. 

Sidang Kasus Investasi Bodong KSP Indosurya Digelar di PN Jakarta Barat

Sidang Kasus Investasi Bodong KSP Indosurya Digelar di PN Jakarta Barat

Headline News • 3 hours ago

Sidang kedua kasus investasi bodong KSP Indosurya digelar di PN Jakarta Barat, Selasa (27/9/2022). Agenda sidang mendengarkan eksepsi dari terdakwa June Indria dan mendengarkan keterangan saksi sebanyak 10 orang yang merupakan korban dari KSP Indosurya. 

Sidang yang berlangsung di ruang sidang Kusuma Atmaja PN Jakarta Barat tidak dihadiri langsung oleh terdakwa. Dua terdakwa dalam kasus ini yaitu June Indria dan Henry Surya hadir secara online. Puluhan korban yang disampingi para kuasa hukum hadir dalam sidang tersebut. 

Menurut Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum Syahnan, dalam kasus KSP Indosurya, terdakwa dijerat dengan Pasal 46 terkait Perbankan dengan ancaman 15 tahun penjara dan UU Tindak Pidana Pencucian Uang dengan hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Kerugian yang disebabkan oleh KSP Indosurya dalam kasus investasi bodong ini sebesr Rp46 triliun, sebanyak Rp30 triliun sudah terbayar dan Rp16 triliun belum dibayar. 

Menkominfo Johnny G Plate Angkat Isu Kesenjangan Digital di Konferensi ITU 2022

Menkominfo Johnny G Plate Angkat Isu Kesenjangan Digital di Konferensi ITU 2022

Headline News • 3 hours ago

Hari kedua pelaksanaan Konferensi International Telecommunication Union (ITU), pemerintah Indonesia melalui Menteri Komunikasi dan Informatika menyampaikan policy statement. Salah satu yang disampaikan adalah progres pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi untuk memperkecil kesenjangan digital di Indonesia. 

Indonesia mendapat kesempatan untuk menyampaikan policy statement di sidang International Telecommunication Union (ITU) Plenipotentiary Conference ke-21 yang diselenggarakan di gedung parlemen, Bucharest, Rumania. Selain meminta dukungan kepada negara-negara anggota untuk mendukung Indonesia menjadi anggota Dewan ITU, Menkominfo menyampaikan hasil rapat Presidensi Indonesia di bidang digital yang diselenggarakan di Bali. 

Indonesia berharap dapat berkontribusi secara berarti agar penduduk dunia yang saat ini belum terkoneksi internet bisa tersambung dengan pembangunan infrastruktur TIK di Indonesia. 

"Kita berharap pembangunan infrastruktur TIK di Indonesia ikut mendukung dan memperkecil kesenjangan internet di dunia," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate usai menghadiri Pembukaan ITU PP 2022 di Palace of Parliament, Bucharest, Rumania, Senin (26/09). 

PPP Tetap Menjaga Fleksibilitas dengan KIB

PPP Tetap Menjaga Fleksibilitas dengan KIB

Primetime News • 3 hours ago

Ketua DPP PPP menyatakan PPP tidak akan memisahkan diri dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang beranggotakan Golkar, PAN, dan PPP meskipun dinilai hanya jadi pelengkap oleh Pengamat Politik. Menurut Pengamat Politik, Hanta Yuda, jika berkoalisi dengan NasDem dan PKS, PPP akan menjadi penentu sedangkan di KIB menurutnya PPP hanya menjadi pelengkap.

"Kalau sekiranya PPP bergabung di KIB, posisinya harus dikatakan pelengkap, karena tanpa PPP pun KIB sudah bisa maju. Tetapi, kalau PPP gabung di porosnya Anies maka ia akan menjadi penentu dan posisinya lebih strategis," ujar Hanta Yuda.

Namun, Ketua DPP PPP, Ahmad Baidowi, menegaskan dirinya tetap akan menjaga fleksibilitas KIB dan masih berkomitmen bersama-sama dengan KIB meskipun dirinya mengakui bahwa Golkar dan PAN dapat berjalan tanpa PPP.

"Kalau menggunakan pendekatan suara, kita sangat menentukan. tetapi kalau menggunakan pendekatan kursi memang Golkar dan PAN sudah cukup karena sudah melampaui batas minimal persyaratan. Namun, kami menjaga fleksibilitas yang sudah  menjalin koalisi bersama," ujar Ahmad Baidowi.

Ketagihan Judi Online, 4 Pria di Tegal Bobol ATM Ditangkap Polisi

Ketagihan Judi Online, 4 Pria di Tegal Bobol ATM Ditangkap Polisi

Primetime News • 3 hours ago

Polisi meringkus empat tersangka pembobol anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Rakyat Indonesia (BRI), berisi uang Rp110 juta di galeri depan PT Lea Footware Indonesia, Kabupaten Tegal. Kelompok spesialis pembobol mesin ATM tertangkap kamera sedang beraksi. Dalam melancarkan aksi kejahatannya, mereka mengambil mesin atm.

Keempat pelaku tersebut berinisial AK,  warga Jakarta, MY warga Brebes, SR warga Subang, serta BL warga Bekasi Kota.  Mereka diketahui telah beraksi di delapan tempat dan mengambil uang hampir Rp2 miliar dalam kurun waktu satu tahun terakhir.


Polres Tegal dan Unit Resmob Polda Jateng bisa memantau posisi mereka yang beraksi di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur. Saat penangkapan polisi sampai harus melepaskan tembakan, lantaran para pelaku mencoba melarikan diri dan melakukan perlawanan.
 
Dari pengakuan salah satu pelaku, kelompok ini sebelumnya mencari sasaran mesin ATM yang berada di tempat sepi. Usai beraksi, uang curian dibagi dan habis untuk bermain judi online. Atas kasus pencurian yang dilakukan kelompok ini, petugas akan menjerat pelaku dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Curacao Siap Revans, Apa Taktik Baru Shin Tae-yong?

Curacao Siap Revans, Apa Taktik Baru Shin Tae-yong?

Primetime News • 3 hours ago timnas indonesia

Timnas akan melakukan pertandingan leg kedua melawan Curacao di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/9/2022). Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong diperkirakan akan mengubah taktik bermain di pertandingan kedua melawan Timnas Curacao. Jika kembali meraih poin penuh, peringkat FIFA skuat Garuda pun naik ke posisi 152. 

Ada sedikit perubahan pada starting line up, yaitu Nadiel, Syahrul, Fahrudin tidak dimainkan. Namun Dimas Drajat yang kemarin diisukan tidak akan bermain akan dimainkan pada pertandingan kali ini.

"Kita berharap siapapun yang dimainkan tetap bisa memainkan pola atau gaya main yang diingkan oleh pelatih,"ujar Pengamat Sepak Bola, Tommy Welly, Selasa (27/9/2022).

"Menurut saya keputusan Shin Tae-yong ini lebih ke memberikan kesempatan kepada para pemain yang minim jam terbang" lanjutnya.

Keputusan Shin Tae-yong dalam mengganti taktik dan memainkan pemain-pemain dengan jam terbang yang dirasa masih minim dinilai memberikan kesempatan pada pemain lain untuk menunjukan kualitasnya.

Kapolda Metro Jaya Bagikan Roti dan Air untuk Demonstran di Depan DPR

Kapolda Metro Jaya Bagikan Roti dan Air untuk Demonstran di Depan DPR

Primetime News • 4 hours ago

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran tiba-tiba hadir dalam kerumunan massa aksi demo petani di depan Gedung MPR, DPR RI sembari membagikan roti dan minuman. Aksi simpatik dilakukan oleh aparat kepolisian dari jajaran Polda Metro Jaya saat mengamankan aksi demo mahasiswa dan petani di depan Gedung MPR, DPR RI, Selasa (27/9/2022) siang. 

Para petugas Polda Metro Jaya membagikan minuman kemasan dan makanan ringan kepada para peserta aksi sambil mengamankan jalannya aksi. Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran bahkan turut hadir di tengah kerumunan massa. 

Kapolda Metro Jaya tengah disorot atas usulannya memindahkan aksi unjuk rasa ke Monas. Hal itu diusulkan untuk menjaga ketertiban. Namun tetap memperhatikan aspirasi pendemo.

Bali Guidelines untuk Pengembangan Pariwisata &  Ekonomi Kreatif Berkelanjutan

Bali Guidelines untuk Pengembangan Pariwisata & Ekonomi Kreatif Berkelanjutan

Primetime News • 4 hours ago

Bali Guidelines merupakan kesepakatan dari hasil pertemuan para Menteri Pariwisata negara-negara G20. Kesepatakan ini mendorong konservasi dan perlindungan sumber daya alam dan budaya, serta mendorong pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang lebih berkualitas dan berkelanjutan.

Plt Deputi Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Frans Teguh mengatakan persetujuan Bali Guidelines dilatarbelakangi kunjungan negara asing ke Bali yang mencapai lebih dari 10.000 wisatawan per hari. Sehingga, hal tersebut menunjukkan bahwa Bali membawa kesuksesan dalam sektor pariwisata. 

Bali Guidelines juga mendorong pariwisata menjadi lebih kuat, tangguh, inklusif, serta mampu menyejahterakan masyarakat, terutama menyangkut human capital terhadap digitalisasi, inovasi, dan keberpihakan kepada perempuan dan kaum muda.

Demo Hari Tani Nasional, KNPA Desak DPR Rombak UU Agraria

Demo Hari Tani Nasional, KNPA Desak DPR Rombak UU Agraria

Primetime News • 4 hours ago

Komite Nasional Pembaruan Agraria (KNPA) melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung MPR, DPR RI untuk memperingati Hari Tani Nasional pada 24 september 2022 lalu. Konsorsium Pembaruan Agraria mendesak DPR dan MPR harus mengembalikan Konstitusionalisme Agraria dengan merombak kebijakan agraria. 

Komite Nasional Pembaruan Agraria (KNPA) menyerukan beberapa tuntutan mengenai kesejahteraan petani. Gabungan masyarakat serta buruh tani menuntut reformasi agraria segera dijalankan. Sebanyak 4.400 personil gabungan polri dan TNI dikerahkan untuk bersiaga disejumlah titik unjuk rasa.

Sementara itu, istana menegaskan bahwa pemerintahan Presiden Joko Widodo fokus untuk membenahi persoalan agraria. Pemerintah telah membagikan setidaknya 34 juta sertifikat tanah untuk menjamin legalitas pemilik lahan hingga Juli 2022. Istana juga menjamin bahwa para pemilik lahan yang memiliki sertifikat tanah tidak dapat dikriminalisasi atau disengketakan dengan alasan apapun.

Menteri Pariwisata G20 Sahkan Bali Guidelines

Menteri Pariwisata G20 Sahkan Bali Guidelines

Primetime News • 4 hours ago

Pertemuan para Menteri Pariwisata negara anggota G20 di Nusa Dua, Bali berhasil mengesahkan Bali Guidelines dengan kerangka kerja sektor pariwisata yang tangguh, partisipatif, dan berkelanjutan. 

Kerangka kerja tersebut menjadi acuan bagi negara-negara G20 untuk mengembangkan sektor pariwisata sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi pasca covid-19. 

Bali Guidelines mendukung kebangkitan sektor pariwisata yang fokus pada komunitas, masyarakat, dan UMKM. Bahkan, Bali Guidelines akan mendorong penguatan SDM di bidang pariwisata, yaitu terciptanya lapangan kerja yang berkualitas dan berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat. 

Ketua DPP PPP: Teriakan 'Anies Presiden' Itu Lumrah

Ketua DPP PPP: Teriakan 'Anies Presiden' Itu Lumrah

Primetime News • 4 hours ago

Ketua DPP PPP buka suara terkait teriakan "Anies presiden" yang ramai disuarakan saat Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) oleh kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Jakarta. Menurut Ketua DPP PPP, Ahmad Baidowi, teriakan tersebut lumrah karena Anies Baswedan merupakan Gubernur DKI Jakarta.

Baidowi juga menegaskan bahwa teriakan nama calon presiden di setiap daerah berbeda-beda. Ia menganggap hal tersebut salah satu hal yang positif, sehingga aspirasi tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan. 

"Itu sesuatu yang wajar karena Anies merupakan Gubernur DKI Jakarta. Misalkan di D.I.Y maupun Aceh dan Riau menyuarakan Sandiaga Uno, di Jawa Tengah menyuarakan Ganjar Pranowo," ujar Ketua DPP PPP, Ahmad Baidowi, Selasa (27/9/2022).

Pengamat Politik, Hanta Yuda berpendapat jika PPP bergabung dengan NasDem dan PKS, akan dapat menentukan dan berpengaruh terhadap pilpres 2024 mendatang. Yuda juga menambahkan bahwa PPP lebih strategis berada bersama NasDem dan PKS ketimbang di KIB.

"Meskipun presentase kursi PPP hanya 3,3%, tetapi sangat menentukan. Gara-gara PPP bergabung maka Anies bisa menjadi calon presiden bersama NasDem dan PKS," ujar Pengamat Politik, Hanta Yuda, Selasa (27/9/2022).

PPP Dukung Anies di Pilpres 2024?

PPP Dukung Anies di Pilpres 2024?

Primetime News • 4 hours ago pilpres

Partai Persatuan Pembangunan tak ingin gegabah memutuskan calon presiden 2024, kendati pengurus di tingkat Provinsi DKI Jakarta condong mendukung Anies Baswedan. PPP mengaku mempertimbangangkan sejumlah nama, karena selain Anies ada nama lain yang mengemuka, seperti Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo hingga Khofifah Indar Parawansa. 

Teriakan dukungan Anies presiden 2024 yang menggema di acara Musyawarah Kerja Cabang PPP DKI Jakarta ternyata tak membuat pengurus pusat Partai Kabah buru-buru memutuskan Anies sebagai jagoan capres yang akan diusungnya di Pilpres 2024.
 
Menurut DPP PPP, apa yang terjadi pada Muskercab, Minggu (25/9/2022) lalu, hanya dinamika arus bawah yang belum tentu sama dengan pengurus PPP lain di luar Jakarta.

Selain mempertimbangkan usulan dari arus bawah, PPP juga harus berkomunikasi dengan koalisinya di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Sebab apa yang menjadi keputusan DPP PPP bisa saja belum sama dengan kehendak koalisi. 

Munculnya nama Anies Baswedan di bursa calon presiden PPP, sebetulnya sudah lebih dulu mengemuka sebelum teriakan di Acara Muskercab PPP DKI. Saat PPP masih di bawah komando Suharso Monoarfa, Anies seakan menjadi tamu istimewa saat diundang dalam peringatan Harlah PPP ke 49 di Yogyakarta pada akhir Januari lalu.

4 Korban Longsor di Kotabaru Belum Ditemukan

4 Korban Longsor di Kotabaru Belum Ditemukan

Metro Hari Ini • 5 hours ago longsor

Tim gabungan dari TNI-Polri, BPBD dan Tim SAR masih berupaya mencari empat korban yang masih hilang tertimbun material longsor. Dari 15 orang yang tertimbun, enam ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Sampai saat ini ada enam orang korban yang ditemukan meninggal dunia dan lima orang selamat, serta empat korban yang hilang masih dalam upaya pencarian oleh tim gabungan. 

Proses pencarian korban hilang menggunakan helikopter mengalami kendala, karena kondisi tanah yang rawan longsor. Tim gabungan akhirnya mengerahkan pasukan melalui jalur darat. 

Polisi juga sudah mendirikan dua posko darurat, yang pertama ada di jalan yang mengarah ke gunung dan yang kedua berada di Puskesmas Sungai Durian. 

Dituduh Curi HP, Remaja di Bengkulu Dibakar Hidup-Hidup

Dituduh Curi HP, Remaja di Bengkulu Dibakar Hidup-Hidup

Metro Hari Ini • 5 hours ago

Seorang remaja di Bengkulu Selatan dibakar hidup-hidup karena dituduh mencuri HP. Pelaku telah ditangkap dan ditahan Polres Bengkulu Selatan serta terancam hukuman 15 tahun penjara. Prengki Bambang Herwansa yang dibakar kini masih dirawat di rumah sakit dan menderita luka serius di leher, punggung dan dada setelah disiram bensin dan dibakar pelaku.

Pelaku tega membakar korban karena mencuri HP miliknya dan mengikat korban di pohon lalu membakarnya. Sementara itu, polisi tidak menemukan bukti bahwa korban mencuri HP milik pelaku.

Ridwan Kamil Siap Maju Pilgub DKI 2024 Meski Belum ‘Dipinang’ Parpol

Ridwan Kamil Siap Maju Pilgub DKI 2024 Meski Belum ‘Dipinang’ Parpol

Metro Hari Ini • 5 hours ago

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengaku siap untuk maju sebagai kontestasi Pilkada DKI Jakarta pada 2024 mendatang. Meski demikian, Ridwan Kamil mengaku belum ada partai politik yang menyatakan akan mengusungnya di Pilgub DKI.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sempat mendapatkan pujian sebagai pemimpin daerah yang berhasil, dari Ketua Umum Gerindra yang juga Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Pujian tersebut disampaikan saat membuka Muktamar PP Persis, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Meskipun mengaku belum bisa menafsirkan pujian yang di lontarkan Prabowo, Ridwan Kamil menyatakan siap untuk maju di Pilkada DKI Jakarta, pada Pemilu serentak 2024 mendatang.

Meskipun belum ada partai politik yang menyatakan akan mengusungnya di Pilgub DKI. Namun Ridwan Kamil mengaku optimis, dan siap untuk maju.

Sejumlah Tokoh Agama & Tokoh Adat di Papua Minta Lukas Enembe Ikuti Proses Hukum

Sejumlah Tokoh Agama & Tokoh Adat di Papua Minta Lukas Enembe Ikuti Proses Hukum

Primetime News • 5 hours ago

Sejumlah tokoh agama dan adat Papua meminta Lukas Enembe untuk bertanggung jawab atas perbuatan yang telah dilakukan dengan mengikuti proses hukum, Selasa (27/9/2022). Mereka juga meminta kepada pihak-pihak di luar Papua termasuk pengacara Lukas Enembe untuk tidak membuat situasi di Papua menjadi gaduh. 

Sikap Gubernur Papua, Lukas Enembe yang tidak kooperatif dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuai respon dari sejumlah tokoh agama dan adat Papua. Para tokoh agama dan adat Papua menilai Lukas Enembe harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Salah satu tokoh agama Papua dan Sekretaris Sinode Gereja Kemah Injil, Yohanes Wenda mengungkapkan, tokoh agama dan adat Papua tidak bisa melindungi Lukas Enembe jika terbukti bersalah.

"Kami dari tokoh agama provinsi Papua, kami mau di Papua ini tidak mau jadi konflik hanya gara-gara Lukas Enembe, karena perbuatan Lukas Enembe sudah jelas. Negara ini negara hukum. Kami dari tokoh agama tidak bisa melindungi orang yang bersalah," kata Tokoh Agama di Papua Yohanes Wenda, Papua, Selasa (27/9/2022).

Wapres Ma'ruf Amin Menghadiri Pemakaman Shinzo Abe di Tokyo

Wapres Ma'ruf Amin Menghadiri Pemakaman Shinzo Abe di Tokyo

Metro Hari Ini • 5 hours ago

Wakil Presiden Indonesia Kiai Haji Ma'ruf Amin memimpin delegasi Indonesia menghadiri prosesi pemakaman Mantan Perdana Menteri Jepang  Shinzo Abe di Tokyo, Jepang, Selasa (27/9/2022). Selain itu Ma'ruf juga menindaklanjuti perjanjian kerja sama kedua negara yang telah disepakati sebelumnya. 

Setibanya di Jepang, Ma'ruf Amin disambut oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi dan Atase Pertahanan RI di Tokyo Kol (AF) Andi Nur Abadi.

Ma'ruf Amin dan Wury menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan Shinzo Abe di Nippon Budokan, pukul 14.00 waktu setempat. Selanjutnya, Ma'ruf Amin dan rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

Polda Papua Siap Bantu KPK dalam Kasus Gubernur Lukas Enembe

Polda Papua Siap Bantu KPK dalam Kasus Gubernur Lukas Enembe

Primetime News • 5 hours ago

Polda Papua menyatakan siap membantu KPK terkait penanganan tersangka Gubernur Papua Lukas Enembe, termasuk mengantisipasi jika terjadi perubahan situasi terkait penanganan perkara Lukas Enembe, Selasa (27/9/2022). 

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, kondisi Papua saat ini sangat kondusif khususnya di wilayah Jayapura, Papua. Petugas keamanan melakukan patroli agar mesyarakat merasa aman dan nyaman. 

Sebanyak 2.300 personel dari internal Polda Papua dan Brimob Nusantara dikerahkan untuk mengantisipasi aksi unjuk rasa, Selasa (27/9/2022). Brimob Nusantara juga masih berjaga di pos keamanan untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa Polda Papua hadir untuk memberikan perlindungan di Papua khususnya di Jayapura. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

MAKI Dorong KPK Jemput Paksa Lukas Enembe

MAKI Dorong KPK Jemput Paksa Lukas Enembe

Primetime News • 5 hours ago

Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menuntut KPK untuk menjemput paksa Gubernur Papua, Lukas Enembe yang mangkir dua kali dengan alasan jatuh sakit. Pasalnya, MAKI menilai KPK memiliki perlakuan berbeda jika dibandingkan dengan proses penangkapan Ketua DPR, Setya Novanto pada 2017 lalu.  

"Ya, ini menjadi perlakuan berbeda kalau nanti KPK tidak melakukan jemput paksa. Karena, dulu Setya Novanto itu dijemput paksa. Padahal, waktu itu pakai drama 'benjol bakpao', drama rumah sakit segala, tapi KPK bersikukuh membawa yang bersangkutan bahkan ditahan," ujar Koordinator MAKI, Boyamin Saiman. 

Ia meminta agar KPK dapat bersikap adil dan tidak memperlama proses penangkapan Lukas Enembe yang merupakan tersangka kasus gratifikasi sebesar Rp1 miliar. Boyamin menduga alasan KPK tidak menjemput paksa Lukas Enembe karena tidak memiliki bukti yang cukup kuat, sehingga hanya menjadi isu yang sudah terlanjur berkembang luas. 

Lukas Enembe Tersangka, Polda Papua Siagakan Pasukan Brimob Nusantara

Lukas Enembe Tersangka, Polda Papua Siagakan Pasukan Brimob Nusantara

Primetime News • 5 hours ago

Polda Papua masih menyiagakan pasukan Brimob Nusantara untuk memastikan situasi keamanan di Kota Jayapura dalam kondisi aman dan kondusif, Selasa (27/9/2022). Beberapa petugas berjaga untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah Jayapura. 

Di sekitar rumah Lukas Enembe masih dijaga oleh beberapa simpatisan hingga Selasa (27/9/2022). Tidak ada aksi unjuk rasa saat pemanggilan kedua oleh KPK terhadap Lukas Enembe sehingga kondisi di sekitar rumah Lukas Enembe terlihat kondusif.

Sebelumnya, tokoh agama dan tokoh adat meminta Lukas Enembe untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya sesuai dengan hukum yang berlaku. Sejumlah masyarakat juga berpendapat hal yang sama terkait hal tersebut. 

Namanya Masuk Bursa Pj Gubernur DKI Jakarta, Bahtiar Minta Dukungan Doa

Namanya Masuk Bursa Pj Gubernur DKI Jakarta, Bahtiar Minta Dukungan Doa

Metro Hari Ini • 5 hours ago

Teka-teki siapa penjabat Gubernur DKI Jakarta belum terjawab. Hingga kini, tiga nama kandidat penjabat Gubernur DKI Jakarta yang dipilih DPRD DKI Jakarta masih belum diputuskan oleh Presiden Joko Widodo.

Pertanyaan terkait siapa pengganti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih terus bergulir. Bahtiar, salah satu kandidat penjabat Gubernur DKI Jakarta enggan berkomentar soal namanya yang masuk dalam tiga nama yang dipilih DPRD DKI Jakarta.

Ketika ditemui wartawan di sela-sela acara Bawaslu di Bali, Bahtiar hanya meminta doa ketika ditanya peluangnya memimpin Jakarta sebagai penjabat gubernur. Sebelumnya, Bahtiar pernah menjabat sebagai penjabat Gubernur Kepulauan Riau. 

"Ya kalau itu judulnya(bursa Pj Gubernur DKI Jakarta), ya mohon doa saja", jawab Bahtiar. 

Selain Bahtiar, DPRD DKI Jakarta juga memilih dua namanya lainnya yakni Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali dan Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono.

Pj Gubernur Papua Barat Somasi Kuasa Hukum Lukas Enembe

Pj Gubernur Papua Barat Somasi Kuasa Hukum Lukas Enembe

Primetime News • 5 hours ago

Pejabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw melayangkan surat somasi kepada kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe. Somasi tersebut terkait dengan namanya yang disebut kuasa hukum Lukas Enembe terlibat dalam proses penetapan tersangka KPK terhadap Lukas. 

Paulus mengingatkan semua orang sama di mata hukum. Ia meminta Lukas Enembe untuk menghadapi kasus korupsi yang sedang menjeratnya serta meminta kasus tersebut tidak dikaitkan dengan kepentingan lain.

Apabila somasi tersebut tidak ditanggapi, maka pihaknya akan melakukan langkah hukum pencemaran nama baik. Paulus juga mengingatkan tim kuasa hukum Lukas Enembe untuk tidak berbicara sembarangan. 

"Sudah kita somasi. Kita beri waktu 2x24 jam, mereka jawab apa, kalau tidak maka kita akan laporkan pencemaran nama baik," kata Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw, Papua Barat, Selasa (27/9/2022). 

Tambang Emas di Kalimantan Longsor, 6 Tewas

Tambang Emas di Kalimantan Longsor, 6 Tewas

Metro Hari Ini • 5 hours ago

Enam orang meninggal dunia akibat tertimbun longsor yang terjadi lokasi tambang emas Desa Buluh Kuning, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan. Saat ini tim gabungan masih mencari empat orang yang masih tertimbun. 

Tanah longsor terjadi usai hujan deras disertai angin kencang melanda daerah tersebut selama lebih dari 4 jam, Senin (26/9/2022). Data sementara BPBD Kota Baru, 15 orang tertimbun lumpur dengan rincian enam orang meninggal, lima orang luka berat, dan empat masih dalam pencarian. 

Seleksi Calon Taruna TNI Direvisi: Tak Ada Lagi Tes Akademik & Pemeriksaan Postur Tubuh

Seleksi Calon Taruna TNI Direvisi: Tak Ada Lagi Tes Akademik & Pemeriksaan Postur Tubuh

Metro Hari Ini • 5 hours ago

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa merevisi syarat penerimaan calon anggota TNI. Revisi persyaratan tersebut dilakukan, untuk menampung kondisi terkini remaja di Indonesia.

Salah satunya peraturan yang direvisi adalah mengenai tinggi badan, sebelumnya syarat minimal tinggi badan 163 cm untuk pria dan 157 cm wanita. Kini direvisi menjadi 160 cm untuk pria, dan 155 cm untuk wanita. 

Jenderal Andika juga memerintahkan panitia seleksi untuk menghapus ujian atau tes akademik calon prajurit TNI. Menurutnya, panitia seleksi cukup melihat ijazah peserta.

Terobosan seleksi masuk TNI juga diterapkan pada pemeriksaan postur tubuh dan ujian renang dalam tahapan tes kesamaptaan. Panitia seleksi lagi-lagi diminta mengubah seleksi tersebut, karena itu telah ada di pemeriksaan kesehatan.

Wapres Ma’ruf Amin Pastikan PM Jepang Beri Dukungan bagi Presidensi G20 Indonesia

Wapres Ma’ruf Amin Pastikan PM Jepang Beri Dukungan bagi Presidensi G20 Indonesia

Metro Hari Ini • 6 hours ago

Wapres K.H Ma'ruf Amin dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida melakukan Courtesy Call atau pertemuan kenegaraan di Istana Akasaka, Tokyo, Senin (26/9/2022) siang waktu setempat. Ma'ruf memastikan dukungan Jepang pada Presidensi Indonesia di G20, 2022.

Selain itu, Maruf juga datang untuk menindaklanjuti hasil pertemuan Presiden Jokowi dan Kishida yang membicarakan soal penguatan kerja sama bidang ekonomi, kesehatan, peningkatan kapasitas SDM dan ketenagakerjaan. 

Indonesia adalah satu dari 218 negara dan organisasi internasional, yang memenuhi undangan prosesi pemakaman Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan, Selasa (27/9/2022).

Dalam pertemuan selama 15 menit tersebut, Ma'ruf juga menyampaikan bela sungkawa kepada pemerintah Jepang.

15 Ribu Tiket Laga Timnas Indonesia vs Curacao Sudah Terjual

15 Ribu Tiket Laga Timnas Indonesia vs Curacao Sudah Terjual

Headline News • 6 hours ago

Timnas Indonesia akan kembali berlaga melawan Timnas Curacao, Selasa (27/9/2022) puku.l 20.00 WIB usai memenangkan laga leg 1 FIFA Matchday yang digelar di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/9/2022). Ribuan suporter akan mendukung langsung aksi Garuda Muda di Stadion Pakansari, Bogor.

Sebanyak 15 ribu tiket pertandingan Indonesia vs Curacao telah terjual pada Selasa, (27/9/2022) Pada leg II ini diperkirakan suporter yang akan menonton akan lebih banyak hingga dua kali lipat dibandingkan pada pertandingan sebelumnya.

Sebelumnya, jumlah penonton pertandingan Timnas Indonesia vs Curacao pada leg pertama di Stadion GBLA hanya tujuh ribu, padahal kapasitas dapat menampung 38 ribu. 

Aparat kepolisian dan TNI telah dikerahkan untuk mengamankan di sekitar Stadion Pakansari. Kendaraan taktis juga telah ditempatkan di beberapa titik krusial di stadion untuk berjaga-jaga terjadi kericuhan.

Presiden Jokowi Salurkan BSU dan BLT BBM di Kota Baubau Sultra

Presiden Jokowi Salurkan BSU dan BLT BBM di Kota Baubau Sultra

Metro Hari Ini • 6 hours ago

Presiden Joko Widodo menyerahkan BSU untuk para pekerja di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Presiden menyebut penyaluran BSU saat ini telah mencapai 48,3%.

Dengan didampingi Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Presiden Joko Widodo menyerahkan BSU kepada para pekerja di Kantor Pos Kota Baubau. Di Kota Baubau, jumlah calon penerima manfaat BSU sebanyak 79.675 orang dan yang sudah menerima sebanyak 19.286 orang atau 24,21%.

Sementara itu, secara nasional BSU yang sudah tersalurkan sebanyak 7.077.000 penerima atau sudah mencapai 48,3%. Sedangkan untuk bantuan langsung tunai bahan bakar minyak
(BLT ) BBM, sampai saat ini sudah disalurkan untuk 19,7 juta penerima atau 95,9%.

Presiden melihat penyaluran bantuan berjalan baik dan cepat. Diharapkan dalam akhir tahun ini bantuan sudah selesai tersalurkan semuanya kepada seluruh penerima manfaat.

Presiden Joko Widodo juga menyempatkan diri blusukan ke pemukiman warga di sekitar Pantai Kamali. Kedatangan Jokowi membuat warga kaget, sekaligus senang karena mereka mendapat paket bantuan sosial dari Presiden.

Jelang Laga Persib vs Persija, The Jakmania Dilarang ke Stadion GBLA

Jelang Laga Persib vs Persija, The Jakmania Dilarang ke Stadion GBLA

Headline News • 6 hours ago Liga 1 Indonesia

Polda Jawa Barat melarang suporter Persija, The Jakmania datang menonton laga klasik Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu 2 Oktober 2022. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi ricuh antara dua suporter.

Laga lanjutan Liga 1 musim kompetisi 2022 mengagendakan laga klasik Persib Bandung melawan Persija Jakarta pada Minggu, 2 Oktober 2022 mendatang di Stadion GBLA. Polda Jawa Barat telah mengambil langkah antisipasi gangguan dan pola pengamanan di sekitar Stadion GBLA bekerja sama dengan Polrestabes Bandung.

Ribuan personel gabungan akan dikerahkan dengan tiket yang hanya dijual secara online. Para suporter yang tidak memiliki tiket akan diberhentikan dan di larang mendekati stadion. 

"Ini menjadi pertimbangan untuk bisa melakukan pengamanan dan pelaksanaan dengan aman dan damai, jadi tidak ada permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang terjadi," kata Ibrahim di Polda Jawa Barat, Kota Bandung, Selasa, 27 September 2022.

Protes Pasar Sepi, Mama Papua Berjualan di Kantor Pemkot Sorong

Protes Pasar Sepi, Mama Papua Berjualan di Kantor Pemkot Sorong

Metro Hari Ini • 6 hours ago

Pedagang sayur pasar modern di Papua mendadak berjualan di kantor Pemerintah Kota Sorong sebagai bentuk protes kepada Pemkot Sorong untuk segera menertibkan pasar lama, Selasa (27/9/2022).

Menurut pengakuan salah satu pedagang sayur, pasar modern tempat ia berjualan sepi pembeli sehingga menyebabkan kerugian. Pedagang berharap pengertian dari pihak pemerintah terhadap kondisi ekonomi para pedagang pasar modern.

"Kami sudah nurut, tetapi walikota tidak mengerti maksud kami. Kami mulai berjualan saat pasar modern diresmikan pada 19 Agustus namun tidak ada yang beli dan barang yang kami jual hancur. Kami mohon bapak walikota bertindak untuk menggusur pasar lama,' ujar pedagang pasar modern, Paulina.