NEWSTICKER

NEWS

Sopir Diduga Ngantuk, Minibus Tabrak Pembatas Jalan di Tol Krukut

Sopir Diduga Ngantuk, Minibus Tabrak Pembatas Jalan di Tol Krukut

Headline News • 1 hour ago kecelakaan

Kecelakaan tunggal terjadi menjelang pintu keluar Tol Krukut, Cinere-Depok, Senin (30/1/2023) malam. 

Minibus bernomor polisi B 2648 POJ, datang dari arah Depok menuju Jakarta. Saat melintas dekat gerbang Tol Krukut, mobil tersebut menghantam pembatas jalan hingga terbalik. Pengemudi yang hanya seorang diri di dalam kendaraannya, mengalami luka ringan di bagian sikut dan kakinya, sementara mobil yang dikendarainya mengalami kerusakan cukup parah.

Kasat Lantas Polres Metro Depok AKBP Bonifasius Surano, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, membenarkan insiden tersebut. Menurutnya, pengemudi minibus mengira bahwa jalan yang ada dihadapannya dalam keadaan kosong. Namun, ternyata ada pembatas jalan.

Diduga Korsleting Listrik, Toko Furniture di Bekasi Ludes terbakar

Diduga Korsleting Listrik, Toko Furniture di Bekasi Ludes terbakar

Headline News • 2 hours ago kebakaran

Sebuah toko furniture di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terbakar, Senin (30/1/2023) malam. Banyaknya material yang mudah terbakar, serta warga yang berkerumun di lokasi sempat menyulitkan petugas dalam proses pemadaman.

Sejumlah saksi mata di lokasi menyebut, api pertama kali muncul bangunan toko bagian belakang. Banyaknya bahan yang mudah terbakar membuat api dengan cepat membesar dan menghanguskan seluruh isi bangunan, serta satu unit mobil yang terparkir didalam toko.
 
Banyaknya warga yang berkerumun, serta sulitnya sumber air membuat petugas sempat kesulitan untuk memadamkan api. Api berhasil dipadamkan setelah sepuluh unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Damkar Kabupaten Bekasi Dikerahkan. 

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran toko furniture tersebut. Sementara, kebakaran diduga akibat adanya arus pendek listrik. 

BLACKPINK Meet French President Emmanuel Macron

BLACKPINK Meet French President Emmanuel Macron

World News • 3 hours ago

This week's box office report, Avatar 2 tops the box office for the 7th weekend, while K-pop band BLACKPINK meets French President Emmanuel Macron at a charity concert, and a thousand and one wins the sundance grand jury prize. 

Indonesian Masters 2023 Finals: Jonatan Christie Win Men's Single Title BWF Super 500

Indonesian Masters 2023 Finals: Jonatan Christie Win Men's Single Title BWF Super 500

World News • 4 hours ago

Indonesia got two titles in Indonesia Masters 2023, both from men's singles and men's doubles. Jonatan Christie and the pair Leo Rolly-Daniel Martin successfully became the winners at the BWF World Tour Super 500 Tournament.  

All Indonesian finals happened in the men's singles event when Jonatan Christie met his compatriot Chico Aura Wardoyo on Sunday. Playing in Istora Senayan Jakarta, Jonatan versus Chico's game was interesting and managed to entertain spectators.

Chico attacked aggressively, while Jojo patiently tended to be defensive and gave his best. Jonatan beat Chico in a straight set 21-15 and 21-13.

Leo Rolly Carnando and Daniel Martin extended the record of winning the national men's doubles event from this tournament every year at Istora Senayan. Leo-Daniel defeated China's men's doubles pair, He Ji Ting and Zhou Hao Dong in the finals, with consistently playing from the beginning of the final round to a match point in the second game.

The Indonesian pair called The Babies, won 21-17 and 21-16 and won the title for the first time.

Riau Miliki Arena Pacuan Kuda Bertaraf Internasional

Riau Miliki Arena Pacuan Kuda Bertaraf Internasional

Metrosports • 4 hours ago

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman dan PP Pordasi Triwatty Maciano melakukan peletakan batu pertama lapangan olahraga berkuda terpadu bernama Andini Country Resort. Arena Pacuan kuda tersebut memliki luas 53 hektare.

Dalam sambutannya, Marciano berharap, lapangan pacuan kuda berstandar internasional tersebut bisa melhirkan atlet-atlet berkuda yang bisa berprestasi dan membanggakan Indonesia di level internasional.

Sementara itu, dalam lanjutan Indonesian Basket League seri kedua. Bumi Borneo meraih hasil positif saat berhadapan dengan Evos Thunder Bogor. Pada laga tersebut, Bumi Borneo berhasil mendominasi jalannya pertadingan sejak kuarter pertama. Bumi Borneo memastikan kemenangan dengan skor  68-58

PB Percasi Apresiasi Kejuaraan BKD Internasional Junior Fide Rating 2023

PB Percasi Apresiasi Kejuaraan BKD Internasional Junior Fide Rating 2023

Metrosports • 5 hours ago

Turnamen catur BKD International Junior Fide Rating 2023 mendapat apresiasi dari PB Percasi, karena sukses menghasilkan 25 pecatur mendapat ELO rating dari Federasi Catur Internasional (FIDE).

Benteng Kelapa Dua atau BKD Internasional Junior Fide Rating Championship, yang berlangsung dari 27 hingga 29 Januari 2023, resmi ditutup oleh Wakil Ketua Umum PB Percasi Mayjen TNI Purnawirawan Yulius Selvanus.

Turnamen ini mempertandingkan kelompok non master, KU-15, 18 dan KU-21 putra putri. Di KU-21 putra, gelar juara diraih Saifudin Raden, sementara KU-15 dimenangkan Andra Wijaya, serta Samantha Edithso jadi yang terbaik di KU-15 putri.

PB Percasi mengapreasiasi terselenggaranya BKD International Junior Fide Rating 2023, karena turnamen ini menghasilkan 25 pecatur meraih ELO rating, dari FIDE dengan poin-poin cukup tinggi.

PB PTMSI Gelar Seleksi Nasional untuk SEA Games Kamboja 2023

PB PTMSI Gelar Seleksi Nasional untuk SEA Games Kamboja 2023

Metrosports • 5 hours ago

Berbekal rekomendasi KONI, Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PB PTMSI), gelar seleksi atlet untuk SEA Games Kamboja 2023. Sebanyak 24 atlet putra dan putri terbaik dari ajang Kejurnas 2022, Pelatnas 2022, dan utusan pemprov akan diseleksi dari 30 Januari hingga 2 Febuari.    

Sementara itu, Perguruan Rajawali Sakti makin komit mencetak atlet lebih berprestasi di tingkat nasional dan internasional. Saat ini Rajwali Sakti berusaha meloloskan atlet untuk Timnas SEA Games 2023 Kamboja dan PON 2024 Aceh-Sumut.

Pimpinan Pengurus Rajawali Sakti Herman Wijaya optimis pada SEA Games 2023 Kamboja atlet dari perguruannya dapat meyumbangkan medali emas untuk kontingen Indonesia 

Ratusan Anak Yatim di Sleman Terima Santunan dari Legislator NasDem

Ratusan Anak Yatim di Sleman Terima Santunan dari Legislator NasDem

Top News • 5 hours ago

Ratusan yatim piatu dan duafa di Sleman, Yogyakarta menerima santunan dari, Subardi, anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem. Paket bantuan diserahkan kepada anak-anak bersamaan dengan kegiatan pengajian ibu-ibu di kawasan Janti Sleman.
 
Lebih dari 100 mendapat paket berisi peralatan solat, makanan dan uang tunai. Diharapkan anak-anak makin bersemangat untuk belajar dan tidak menyerah untuk mencapai cita-citanya.
 
Acara penyerahan ini juga dimeriahkan dengan penampilan seni hadrah dari pengajian Siti Zubaidah. Keberadaan kelompok pengajian Siti Zubaidah ini patut diapresiasi karena menjadi sarana pendidikan kepada anak-anak.

 HUT ke-1, Koopsudnas Bertekad Jaga Kedaulatan Udara NKRI

HUT ke-1, Koopsudnas Bertekad Jaga Kedaulatan Udara NKRI

Top News • 5 hours ago

TNI Angkatan Udara (TNI AU) menggelar upacara peringatan HUT ke-1 Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) di lapangan apel Makoopsudnas, Halim Perdakakusuma, Jakarta Timur.

Dengan tema "Semangat Labda Reswara Antarikshe", Koopdasus siap melaksanakan tugas operasi dan pembinaan guna menjaga keutuhan wilayah udara NKRI dalam rangka mewujudkan angkatan udara yang disegani.
 
Koopsudnas terlahir sebagai salah satu upaya mewujudkan kekuatan udara nasional dalam kesatuan komando yang solid antar matra mulai dari satuan udara, Satuan Patgas, Satuan Radar dan Satuan Rudal dan berbagai elemen pendukung lainnya.

Menurut Panglima Koopsudnas , Marsdya TNI M. Tonny Harjoni, momen ini menjadi bahan introspeksi dan evaluasi terhadap peran Koopsudnas dalam mendukung keberhasilan tugas TNI AU, khususnya dalam mengawal dan menjaga kedaulatan NKRI.

MK Bentuk Majelis Kehormatan Usut Perubahan Substansi Perkara Hakim Aswanto

MK Bentuk Majelis Kehormatan Usut Perubahan Substansi Perkara Hakim Aswanto

Top News • 5 hours ago

Mahkamah Konstitusi (MK) membentuk Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) untuk merespon dugaan adanya perubahan subtansi putusan perkara uji materi pencopotan Hakim Aswanto, Senin (30/1/2023).

Pembentukan MKMK diputuskan dalam rapat permusyawaratan hakim yang diikuti oleh sembilan hakim konstitusi. Dari hasil  rapat tersebut, diputuskan MK akan menyelesaikan kasus dugaan adanya perubahan subtansi putusan perkara, tidak dilakukan oleh hakim konstitusi saja,  melainkan akan diselesaikan melalui MKMK.

Menurut Hakim Konstitusi, Enny Nurbaningsih nantinya anggota dari MKMK akan terdiri dari hakim aktif, tokoh masyarakat dan akademisi.

Perwakilan dari hakim MK adalah Enny Nurbaningsih, Perwakilan dari tokoh masyarakat adalah I Dewa Gede Palaguna sementara perwakilan akademisi adalah Prof. Sudjito.

Penyelundupan Sabu 115 Kg di Sumsel Berhasil Digagalkan

Penyelundupan Sabu 115 Kg di Sumsel Berhasil Digagalkan

Top News • 5 hours ago

Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatera Selatan menggagalkan aksi penyelundupan sabu dengan berat 115 kilogram senilai Rp115 miliar yang berasal dari Myanmar.

Sabu seberat 115 kilogram yang dibungkus teh China dan dikemas di dalam karung, gagal beredar setelah disita petugas BNN Sumut. Narkoba disita dari seorang tersangka jaringan internasional bernama Nurhasan yang merupakan warga Kabupaten Banyuasin.

Pelaku ditangkap petugas saat melintas di Jalan Kolonel Dani Efendi, KM 16 Kabupaten Banyuasin. Dari hasil pemeriksaan, pelaku berperan sebagai distributor narkoba untuk wilayah Sumsel dan Lampung yang terhubung langsung dengan bandar narkoba kelas kakap di Myanmar. 

Rencananya, pelaku akan mengedarkan narkoba ke bandar-bandar di wilayah Sumsel dan Lampung. Akibat perbuatannya, pelaku terancam hukuman mati.

Jelang F1 Powerboat Toba 2023, Pemerintah Pastikan Konektivitas Telekomunikasi Aman

Jelang F1 Powerboat Toba 2023, Pemerintah Pastikan Konektivitas Telekomunikasi Aman

Metrosports • 5 hours ago Nasional

Pemerintah terus mempercepat pengerjaan infrastruktur untuk gelaran F1 H2O Powerboat Toba 2023. Infrastruktur telekomunikasi menjadi salah satu yang tengah dipersiapkan agar jaringan internet aman diakses peserta maupun penonton yang hadir.

Hal tersebut diungkapkan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong. Menurut Usman, jaringan internet di kawasan Danau Toba, aman. Media center pun akan disiapkan untuk dapat diakses publik maupun awak media. Perbaikan infrastruktur bagi peserta maupun penonton terus dikebut, sebelum kegiatan itu berlangsung.

Diketahui, gelaran F1 H20 Powerboat Toba 2023 dijadwalkan berlangsung di Danau Toba, Balige, Kabupaten Toba pada 24 hingga 26 Febuari 2023. 

Febri Diansyah: Sistem Hukum Bekerja Tidak Hanya Berdasarkan Tuduhan Jaksa

Febri Diansyah: Sistem Hukum Bekerja Tidak Hanya Berdasarkan Tuduhan Jaksa

Primetime News • 6 hours ago

Berbagai bukti pengakuan dan pembelaan diajukan oleh Putri Candrawathi dan penasihat hukum untuk bebas dari segala tuduhan, namun jaksa penuntut umum menolak mentah-mentah nota pembelaan yang diajukan Putri Candrawathi. Namun, Febri Diansyah penasihat hukum Putri Candrawathi mengatakan sistem hukum bekerja tidak hanya berdasarkan tuduhan jaksa.

Jaksa berpendapat bahwa nota pembelaan Putri Candrawathi bersama penasihat hukumnya harus dikesampingkan dan uraian-uraian dalam pleidoi tidak memiliki dasar yuridis yang kuat yang dapat menggugurkan tuntutan jaksa. Menanggapi hal tersebut, Febri Diansyah penasihat hukum Putri Candrawathi mengatakan jaksa sudah biasa tetap pada tuntutan dan mengesampingkan nota pembelaan.

"Memang jaksa sudah biasa seperti itu, apapun yang disampaikan di pleidoi saat di replik biasanya jaksa akan tetap pada tuntutan kemudian mengatakan mengesampingkan," ucap Febri Diansyah penasihat hukum Putri Candrawathi.

Febri Diansyah penasihat hukum Putri Candrawathi mengatakan sistem hukum bekerja tidak hanya berdasarkan tuduhan jaksa. Masih ada pengujian bukti-bukti oleh penasihat hukum dan majelis hakim yang menentukan. 

"Sistem hukum kan bekerja tidak hanya berdasarkan tuduhan jaksa, satu sisi jaksa mendakwa kemudian menuntut di sisi lain penasihat hukum mendampingi terdakwa dan menguji bukti-bukti tersebut nanti majelis hakim yang akan menentukan," jelas Febri Diansyah penasihat hukum Putri Candrawathi.

Liga 1: Borneo FC dan PSM Makassar Sukses Raih 3 Poin

Liga 1: Borneo FC dan PSM Makassar Sukses Raih 3 Poin

Metrosports • 6 hours ago liga 1

Borneo FC dan PSM Makassar sukses meraih tiga poin dalam lanjutan Liga 1 musim 2022 - 2023. Hasil itu didapat Juku Eja usai menorehkan kemenangan 3 - 1 atas Rans Nusantara FC. Dengan tambahan tiga poin PSM Makassar menyamai poin Persija Jakarta dengan 39 poin.

Sementara itu, Pesut Etam mengalahkan Persik Kediri dua gol tanpa balas. Berkat hasil dari laga tersebut, Borneo FC berhasil naik ke posisi keempat klasemen sementara Liga 1 dengan 36 poin dari 20 pertandingan, sedangkan Persik Kediri masih menjadi juru kunci dengan mengoleksi 16 poin. 

Kasus Tabrakan Mahasiswa UI, Polda Metro Jaya Bentuk Tim Pencari Fakta

Kasus Tabrakan Mahasiswa UI, Polda Metro Jaya Bentuk Tim Pencari Fakta

Metro Hari Ini • 6 hours ago

Polda Metro Jaya akan membentuk tim khusus pencari fakta untuk mengusut kasus mahasiswa UI yang tewas namun menjadi tersangka, dalam kecelakaan lalu lintas di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Pembentukan tim merupakan arahan dari Kapolri. 

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan, tim pencari fakta melibatkan pengawas eksternal, mulai dari pakar keselamatan transportasi, ahli otomotif hingga pakar hukum. Sementara, tim internal terdiri dari Irwasda, Propam, Bidkum dan meminta Korlantas untuk melakukan penyidikan dengan scientific crime investigation (penyidikan berbasis ilmiah).

Fadil berharap, pembentukan tim pencari fakta dapat memberikan keadilan dan kepastian hukum bagi korban. 

Ubah Sistem Pemilu Picu Gejolak Politik

Ubah Sistem Pemilu Picu Gejolak Politik

The Election Channel • 6 hours ago

Perubahan sistem pemilu yang dilakukan secara mendadak berpotensi menimbulkan gejolak sosial dan politik. Apalagi proses penyelenggaraan pemilu 2024 sudah berjalan.
Proporsional terbuka saat ini masih satu sistem yang terbaik dan hal itu merupakan open legal policy untuk memilih sistem yang mana. Tahapan pemilu 2024 yang sudah berjalan, seharusnya menjadi pertimbangan Mahkamah Konstitusi untuk tidak mengubah pasal mengenai sistem pemilu yang saat ini sedang diuji.

Sistem pemilu adalah open legal policy atau kebijakan terbuka pembuat undang-undang yang sudah disepakati seluruh fraksi di parlemen saat mengesahkan udnang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu. Pada sidang perkara tentang sistem pemilu di MK Minggu lalu, presiden yang diwakili Kementerian Dalam Negeri mengaku khawatir bila sistem pemilu mendadak berubah ditengah proses penyelenggaraan pemilu 2024 yang sudah berjalan.

Bukan tidak mungkin, perubahan sistem pemilu dari terbuka menjadi tertutup di tengah proses  tahapan pemilu akan menimbulkan gejolak politik. Dari sembilan fraksi di parlemen, hanya PDI Perjuangan yang berkukuh agar sistem pemilu berubah dari proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup alias coblos partai.

Kehadirian PDI Perjuangan di sidang MK dan ikut memberikan pandangannya juga sempat di pertanyakan oleh Partai Keadilan Sejahtera sebagai pihak terkait. Meski demikian hakim tak mempersoalkannya.

Jika Situasi di Malang Tak Kunjung Kondusif, Arema FC Siap Bubarkan Klub

Jika Situasi di Malang Tak Kunjung Kondusif, Arema FC Siap Bubarkan Klub

Metrosports • 6 hours ago

Arema FC mempertimbangkan untuk membubarkan diri, karena beberapa masalah di tubuh Singo Edan. Terutama menyangkut perbedaan pendapat, gesekan di antara klub, suporter dan masyarakat umum, hingga akhirnya mengganggu kondusivitas keamanan.

Wacana tersebut dilontarkan oleh Komisaris PT Arema Bersatu Prestasi Indonesia Tatang Dwi Arfianto melalui sebuah video singkat.

Tatang menyebut pasca-tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022, manajemen Singo Edan sudah banyak melakukan aksi mulai dari pendirian crisis center, pemberian santunan kepada korban, termasuk menghadapi gugatan hukum pidana dan perdata serta menjaga eksistensi di kompetisi sepak bola Tanah Air.

Selain itu, Tatang juga meyakinkan jika nanti wacana tersebut terealisasi, maka keputusan itu sudah melalui musyawarah di jajaran direksi Tim Singo Edan.

Eksekusi Lahan Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Ricuh

Eksekusi Lahan Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Ricuh

Headline News • 6 hours ago

Proses eksekusi lahan untuk proyek jalan tol Jakarta-Cikampek II Selatan diiringi aksi penolakan. Warga histeris saat alat berat hendak merobohkan rumah mereka. 

Puluhan warga yang didominasi kaum ibu memprotes petugas yang hendak mengeksekusi lahan di Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang. Warga menolak lahan dieksekusi karena belum sepakat dengan harga ganti rugi yang ditawarkan.

Warga menilai biaya ganti rugi yang ditawarkan Rp200-Rp650 ribu per meter belum sesuai dengan harga di pasaran yang mencapai Rp1,5 juta per meter. Sebanyak 56 unit rumah dirobohkan dengan alat berat.

Proses eksekusi lahan telah dilakukan dua kali. Sebelumnya, petugas dari Pengadilan Negeri Karawang gagal mengeksekusi lahan karena warga menolak dengan cara menutup jalan. 

Kasus Gagal Ginjal, Drum Kapasitas 215 Kg Berisi Cairan Kimia Disita

Kasus Gagal Ginjal, Drum Kapasitas 215 Kg Berisi Cairan Kimia Disita

Top News • 6 hours ago

Polisi menetapkan tiga tersangka korporasi baru dalam kasus peredaran dan produksi obat sirop yang menyebabkan gagal ginjal akut anak. Total ada lima tersangka korporasi dalam kasus ini.

"Ada drum-drum berwarna putih kapasitas masing-masing berukuran 215 kg dan perlengkapan lain,” kata Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Pipit Rismanto di Rubasan Kelas I Jakut, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (30/1/2023).

Tiga tersangka korporasi yang ditetapkan sebagai tersangka adalah PT Tirta Buana Kemindo, PT Fari Jaya dan CV Anugrah Perdana Gemilang. Sebelumnya penyidik telah menetapkan PT Afi Farma dan CV Samudra Chemical sebagai tersangka
 
Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri Brigjen Pipit Rismanto mengatakan penetapan tersangka korporasi dilakukan setelah penyidik menemukan sejumlah alat bukti yang cukup.

Ekuador dan Tiongkok Capai Kesepakatan untuk Tingkatkan Ekspor Pertanian

Ekuador dan Tiongkok Capai Kesepakatan untuk Tingkatkan Ekspor Pertanian

Metro Bisnis • 6 hours ago

Presiden Ekuador Guillermo Lasso mengumumkan negaranya telah mencapai kesepakatan perdagangan bebas dengan Tiongkok. Kesepakan ini diharapkan dapat meningkatkan ekspor produk pertanian Ekuador, seperti udang, pisang, kakao, dan kopi.

Perdagangan Ekuador dan Tiongkok mencapai nilai sekitar Rp10 miliar dolar setiap tahun. Para pejabat Ekuador berharap upacara penandatanganan kesepakatan dapat berlangsung beberapa bulan lagi. 

Guillermo dalam akun Twitternya menulis ekspor Ekuador akan memiliki akses istimewa ke pasar terbesar di dunia. Menurutnya, industri Ekuador juga akan memperoleh mesin dan input dengan biaya yang rendah. Lasso juga memuji manfaat lain dari kesepakatan tersebut. 

Egy Maulana Vikri Resmi Gabung Dewa United

Egy Maulana Vikri Resmi Gabung Dewa United

Metrosports • 6 hours ago

Setelah berkelana di Eropa, Egy Maulana akhirnya bergabung tim promosi Liga 1. Striker andalan Timnas Indonesia tersebut, resmi berseragam Dewa United, Senin (30/1/2023).

Manajemen Tangsel Wariors merekrut Egy setelah berstatus tanpa klub usai kontraknya abis dengan klub Slovakia, FC ViOn Zlate Moravce. Pendekatan Dewa United dan Egy sudah berlangsung lama hingga akhirnya dipastikan bahwa Egy tidak lagi terikat kontrak.

CEO Dewa United, Ardian Satya Negara mengaku sangat senang dengan kehadiran Egy. Pasalnya, Egy merupakan talenta sepak bola Indonesia dan menjadi andalan di Skuad Garuda. Selain itu, Egy juga pernah bermain di Eropa.

IHSG Ditutup Melemah ke Level 6.872

IHSG Ditutup Melemah ke Level 6.872

Metro Bisnis • 6 hours ago

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,55% ke level 6.872 pada perdagangan Senin (30/1/2023). Secara teknikal, IHSG mulai memasuki area jenuh beli (overbought). 

Pelemahan paling dalam terjadi pada saham sektor teknologi. Pelemahan IHSG ini searah dengan pergerakan indeks utama di kawasan Asia yang juga turun. Sementara indeks Nikkei menguat tipis di 0,19%, indeks Hang Seng Hong Kong anjlok 2,94%, dan indeks Straits Times Singapura turun 0,64%.

Pelaku pasar masih menunggu hasil rapat dewan gubernur Bank Sentral Amerika (The Fed) pada 1 Februari 2023. Selain itu, pelaku pasar juga menunggu data inflasi Indonesia sepanjang Januari 2023.

Adapun nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika berhasil menguat 0,1?ngan nilai tengah atau rata-rata di Rp14.970 per dolar Amerika. 

Warisan Stigma dari Masa Penjajahan (3)

Warisan Stigma dari Masa Penjajahan (3)

Melawan Lupa • 6 hours ago

Meski bangsa Indonesia telah merdeka, hingga kini berbagai stigma dan prasangka rasial terhadap etnis Tionghoa masih kerap muncul, baik secara terselubung maupun terang-terangan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. 

Padahal bila kita menengok perjalanan sejarah, benih-benih stigma dan prasangka rasial terhadap etnis Tionghoa ini sebagian besar baru muncul pada era penjajahan bangsa Eropa, terutama Belanda, pada sekitar 200 tahun lalu. Berbagai stigma dan prasangka rasial ini timbul akibat sejumlah kebijakan politik rezim kolonial, yang kental dengan nilai-nilai rasisme.

Warisan Stigma dari Masa Penjajahan (2)

Warisan Stigma dari Masa Penjajahan (2)

Melawan Lupa • 6 hours ago

Meski bangsa Indonesia telah merdeka, hingga kini berbagai stigma dan prasangka rasial terhadap etnis Tionghoa masih kerap muncul, baik secara terselubung maupun terang-terangan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. 

Padahal bila kita menengok perjalanan sejarah, benih-benih stigma dan prasangka rasial terhadap etnis Tionghoa ini sebagian besar baru muncul pada era penjajahan bangsa Eropa, terutama Belanda, pada sekitar 200 tahun lalu. Berbagai stigma dan prasangka rasial ini timbul akibat sejumlah kebijakan politik rezim kolonial, yang kental dengan nilai-nilai rasisme.

Ibu Mahasiswa UI Korban Tabrakan Pensiunan Polisi Bakal Tulis Surat Terbuka ke Jokowi

Ibu Mahasiswa UI Korban Tabrakan Pensiunan Polisi Bakal Tulis Surat Terbuka ke Jokowi

Metro Malam • 6 hours ago tabrakan

Orang Tua Mahasiswa UI Hasya Atallah Syahputra yang tewas tertabrak oleh pensiunan polisi mengaku akan menempuh segala cara untuk memperjuangkan anaknya yang dijadikan tersangka.

Sejumlah langkah hukum bakal ditempuh, mulai dari praperadilan, melaporkan penyidik pada kasus ini ke Kompolnas, hingga akan membuat surat terbuka kepada Presiden Jokowi.

Ibu Hasya, Dwi Syafiera Putri mengatakan pihak keluarga tidak mengerti soal masalah hukum. Jadi, untuk proses hukum pada kasus ini, pihak keluarga menyerahkan seluruhnya kepada pihak kuasa hukum.

"Jadi, apapun langkah mereka kami rasa itu yang terbaik untuk kami, dan itu yang akan kami ikuti. Soal surat terbuka kepada Presiden Jokowi, biar lah kuasa hukum yang membuat, saya hanya mengikuti apa yang mereka jadwalkan," ujar Hasya.

Warisan Stigma dari Masa Penjajahan (1)

Warisan Stigma dari Masa Penjajahan (1)

Melawan Lupa • 6 hours ago

Meski bangsa Indonesia telah merdeka, hingga kini berbagai stigma dan prasangka rasial terhadap etnis Tionghoa masih kerap muncul, baik secara terselubung maupun terang-terangan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. 

Padahal bila kita menengok perjalanan sejarah, benih-benih stigma dan prasangka rasial terhadap etnis Tionghoa ini sebagian besar baru muncul pada era penjajahan bangsa Eropa, terutama Belanda, pada sekitar 200 tahun lalu. Berbagai stigma dan prasangka rasial ini timbul akibat sejumlah kebijakan politik rezim kolonial, yang kental dengan nilai-nilai rasisme.

Tawuran Antarsiswa 3 Sekolah di Kulon Progo Berawal dari Saling Ejek

Tawuran Antarsiswa 3 Sekolah di Kulon Progo Berawal dari Saling Ejek

Top News • 6 hours ago

Tidak terima sekolah diejek saat kejuaraan bola voli, sejumlah siswa dari tiga sekolah terlibat tawuran di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.
 
Tawuran yang melibatkan dua SMA dan satu SMK tersebut diisi dengan saling melempar batu dan membawa senjata tajam. Akibatnya dua orang menjadi korban lemparan batu.

Berbekal rekaman CCTV, polisi menangkap sejumlah pelajar dan juga senjata tajam jenis pedang dan tongkat baseball.

Saat ini belasan pelajar diamankan untuk dilakukan pembinaan dan pendataan di Mapolres Kulon Progo. Polisi juga memanggil orang tua untuk diberi pengarahan.

7 Tersangka Perusakan Bus Persis Solo Dilarang Nonton Laga Persita Selamanya

7 Tersangka Perusakan Bus Persis Solo Dilarang Nonton Laga Persita Selamanya

Metro Malam • 6 hours ago

Pengurus Persita Tangerang memberikan sanksi kepada ketujuh pelaku tidak diperbolehkan untuk melihat pertandingan Persita seumur hidup dan akan memasang foto para pelaku di lingkungan Stadion Persita.

"Kita memang sudah memberikan hukuman kepada suporter yang terlibat pelemparan ini untuk dilarang masuk stadion seumur hidup. Kita akan screening dan kita akan pasang fotonya di sekitar stadion, area kawasan," ujar Ketua Panpel Persita Tangerang, Tommy Kurniawan kepada wartawan di Polres Tangsel, Senin (30/1/2023).

7 Pelaku Pelemparan Batu ke Bus Persis Solo Ditangkap

7 Pelaku Pelemparan Batu ke Bus Persis Solo Ditangkap

Metro Malam • 7 hours ago

Petugas gabungan Satreskrim Polres Tangsel bersama unit Reskrim Polsek Kelapa Dua menangkap tujuh tersangka pelaku pelemparan batu ke bus yang berisi rombongan pemain dan ofisial Persis Solo.

Penangkapan ketujuh pelaku ini dilakukan sesaat pelemparan batu ke bus ofisial dan pemain Persis Solo yang menyebabkan salah seorang ofisial terluka di bagian tangan dan kaki.

Menurut keterangan para pelaku, pelemparan terhadap rombongan bus Persis Solo sudah direncanakan sebagai aksi balas dendam dikarenakan saat Persita bertanding di Persis Solo pada Piala Presiden 2022, suporter Persis Solo melakukan sweeping terhadap suporter Persita dan melakukan pemghinaan serta berkata kasar. 

Para pelaku kini dikenakan ancaman Pasal 170 KUHP dengan hukuman lima tahun penjara.

Sebelumnya, bus yang berisi rombongan pemain dan ofisial Persis Solo diserang di Jalan Legok, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Sabtu (28/1/2023). Akibatnya bus mengalami kerusakan parah pada bagian kaca depan dan badan bus.

Tukang Becak Pembobol Rekening Senilai Rp320 Juta Dituntut 1 Tahun Penjara

Tukang Becak Pembobol Rekening Senilai Rp320 Juta Dituntut 1 Tahun Penjara

Headline News • 7 hours ago

Seorang tukang becak, terdakwa perkara pembobolan rekening nasabah bank swasta senilai Rp320 juta, dituntut pidana penjara selama satu tahun oleh jaksa di Pengadilan Negeri Surabaya. Aksi pembobolan rekening ini dilakukan terdakwa dengan berperan sebagai nasabah bank yang memiliki kemiripan wajah dengan korban pemilik rekening.
 
Sidang perkara pembobolan rekening nasabah bank senilai Rp320 juta ini, digelar dengan dua orang terdakwa yakni Mohammad Toha selaku dalang pembobolan rekening, serta Setu bin Kasbari, yang berperan sebagai pemilik rekening.
 
Dalam sidang kali ini, Terdakwa Mohammad Toha dituntut pidana penjara selama empat tahun, sementara Setu dituntut pidana penjara selama satu tahun. Jaksa menyebut, terdakwa Setu yang sopan mengakui perbuatannnya dan tidak pernah dihukum menjadi hal yang meringankan.
 
Dalam persidangan yang digelar secara online, kedua terdakwa dituntut dengan pasal 363 KUHP tentang Pencurian. 

Sebelumnya, terdakwa Setu bin Kasbari yang bekerja sebagai tukang becak mengaku menguras isi rekening korban bernama Muin Zachary senilai Rp320 juta, atas suruhan Terdakwa Mohammad Toha dengan imbalan sebesar Rp5 juta. 

Akibat aksi pembobolan kedua terdakwa, korban Muin Zachary mengalami stres hingga istrinya juga meninggal dunia, lantaran tidak memiliki uang untuk melakukan pengobatan.

Balap Liar di Lampung Dibubarkan, Polisi Sita 45 Motor

Balap Liar di Lampung Dibubarkan, Polisi Sita 45 Motor

Top News • 7 hours ago

Polisi menertibkan balap liar di Jalan Soekarno Hatta, Kompleks Islamic Center Kota Agung, Tanggamus, Lampung. Para pengemudi sepeda motor lari kocar kacir saat tim Polres Tanggamus datang ke lokasi.

Kapolsek Kota Agung, AKP I Made Sudastra mengatakan penertiban balap liar terjadi karena jalur dua Kompleks Islamic Center Kota Agung berada tepat di depan RSUD Batin Mangunang,  sehingga sangat mengganggu pasien yang sedang dirawat maupun keluarga yang sedang menunggu serta pembesuk.

Dari hasil penertiban polisi berhasil mengamankan 45 sepeda motor berbagai jenis.

Bom Bunuh Diri di Masjid Pakistan Menewaskan 34 Orang

Bom Bunuh Diri di Masjid Pakistan Menewaskan 34 Orang

Headline News • 7 hours ago

34 orang dilaporkan tewas akibat bom bunuh diri di sebuah masjid di Peshawar, Pakistan. Selain 34 orang tewas, sebanyak 150 orang mengalami luka-luka akibat ledakan bom bunuh diri di sebuah masjid di Peshawar, Pakistan. 

Ledakan terjadi saat masjid dipadati jemaah yang tengah salat berjemaah. Ledakan ini juga menghancurkan beberapa bagian masjid.

Petugas berwenang menyebut masih ada jemaah yang terjebak di reruntuhan bangunan, sehingga petugas mengerahkan alat berat untuk evakuasi korban. Kelompok Tehrik-e Taliban Pakistan (TTP) mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan itu.

Polemik Sistem Pemilu Proporsional Tertutup dan Terbuka

Polemik Sistem Pemilu Proporsional Tertutup dan Terbuka

Primetime News • 7 hours ago

Sistem Pemilu menjadi perdebatan saat isu proporsional tertutup muncul. Delapan partai politik (parpol) disebut telah menunjukkan perlawanan terbuka dengan menolak wacana sistem proporsional tertutup pada pemilihan umum (Pemilu) 2024. Meski delapan partai lain beda sikap, PDIP tetap teguh dukung sistem pemilu tertutup. 

Perubahan sistem pemilu di tengah tahapan yang sudah berjalan sejak 14 Juni 2022 dinilai menimbulkan gejolak politik.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PDIP Arif Wibowo menyebut perdebatan perihal sistem Pemilu menjadi isu politik yang digemparkan sedemikian rupa. Arif menegaskan partainya terus konsisten terhadap pemikiran politiknya. 

"Saya melihat tidak ada relevansinya mempersoalkan ini (sitem pemilu) di publik, apalagi sekarang substansi yang penting dari sistem pemilu itu sedang diproses di Mahkamah Konstitusi (MK)," ujar Arif Wibowo.

Sedangkan menurut pakar hukum tata negara Denny Indrayana, MK tidak bisa mengambil kewenangan menentukan sistem proporsional harus terbuka atau tertutup.

"Dari kacamata hukum tata negara Mahkamah Konstitusi tidak bisa mengatakan apakah harus proporsional terbuka atau harus proporsional tertutup," ujar Denny.

Miris, Potret Pendidikan di Pelosok NTT

Miris, Potret Pendidikan di Pelosok NTT

Top News • 7 hours ago

Nasib miris dialami sejumlah siswa di Sekolah Dasar Negeri Oka, Desa Ladolaka, Pulau Palue, Kabupaten sikka, Nusa Tenggara Timur. Para siswa harus belajar dalam ruangan kecil berdinding bambu dan fasilitas yang sangat terbatas.
 
Pulau Palue dengan penduduk sepuluh ribu jiwa menjadi salah satu pulau dengan segala keterbatasan, salah satunya fasilitas pendidikan. Salah satunya SDN Oka, enam tahun berdiri tapi para siswa belajar dalam kondisi yang jauh dari kata layak. Sekolah ini dibangun menggunakan dinding bambu dengan 68 siswa yang tetap semangat belajar meski dengan keterbatasan. 

Setiap ruangan dari kelas satu hingga kelas enam hanya berukuran sekitar dua kali tiga meter, dengan pintu terbuat dari sisa bahan seng untuk atap sekolah. Tinggi bangunan pun hanya sekitar dua meter.

Kondisi memprihatinkan juga terlihat dari kurangnya buku, alat ajar dan alat praktek sehingga para siswa harus bersama-sama membaca buku mata pelajaran. Jika turun hujan para guru terpaksa memulangkan para siswanya.
 
Kondisi di sekolah ini diperparah akibat kurangnya pasokan listrik yang hanya berfungsi sebagai penerangan ketika malam hari. Para guru dan pelajar hanya bisa pasrah dengan keadaan sambil berharap ada bantuan pemerintah. 

Ronny Talapessy Kritik Isi Replik Jaksa soal Batin Eliezer

Ronny Talapessy Kritik Isi Replik Jaksa soal Batin Eliezer

Primetime News • 7 hours ago

Pegacara Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E , Ronny Talapessy menilai replik yang disampaikan berbeda dengan fakta persidangan. Menurut Ronny, daya paksa atau overmacht dalam hukum pidana sebagaimana tertuang pada Pasal 48 KUHP tidak bisa dinilai oleh jaksa. Menurutnya, Sikap batin tersebut hanya bisa dinilai oleh terdakwa sendiri yakni Richard Eliezer.

"Kalau kita lihat dari replik jaksa penuntut umum terkait Pasal 48 adalah sikap batin, itu menurut kami tidak bisa dinilai oleh penuntut umum. Karena itu bisa dinilai oleh terdakwa sendiri," kata Ronny. 

Dengan demikian Ronny akan menjawab replik dari jaksa pada persidangan duplik yang difokuskan pada penghapusan pidana Eliezer.

"Replik dari jaksa penuntut umum tuntunya akan kita jawab di persidangan duplik. Jadi terkait apa yang disampaikan JPU kami punya pendapat berbeda," ujar Ronny.

"Jadi apa yang sudah disampaikan oleh jaksa dalam replik, tentunya berbeda dengan fakta persidangan," lanjurnya.

Kronologi Kecelakaan Mahasiswa UI Menurut Keluarga dan Polisi

Kronologi Kecelakaan Mahasiswa UI Menurut Keluarga dan Polisi

Infographic • 7 hours ago

Kecelakaan antara pengemudi motor, Muhammad Hasya Attalah Syaputra mahasiswa UI dengan mobil pajero yang dikendarai Mantan Kapolsek Cilincing AKBP (Purn) Eko Setia Budi Wahono, memiliki dua kronologi yang berdasarkan penjelasan polisi dan versi keluarga. 

Kronologi versi polisi: 

- Hasya menyerobot jalur yang dilintasi Eko (Pengendara mobil) lantaran menghindari genangan air.
- Korban tidak bisa mengendalikan kendaraannya lalu terjatuh. 
- Berbarengan, di arah yang berlawanan tengah melintasnya mobil (Eko Setia) bukan penabrak, bukan terlindas. 

Kronologi versi keluarga Hasya: 

- Terdapat seseorang yang melintas saat Hasya sedang berkendar, hingga Hasya ngerem mendadak dan terjatuh ke kanan.
- Dari arah berlawanan mobil Eko Setia langsung menabrak dan melindas Hasya yang terjatuh sebelumnya. 
- Hasya tidak kebut-kebutan sebab sepeda motor tidak lecet dan baret, hanya pecah pada bagian kaca sepion. 
- Teman Hasya sudah coba meminta tolong Eko Setia untuk membawa ke rumah sakit namun Eko tidak mau.
- Hasya terkapar 20-30 menit di pinggir jalan.

Tolak Mediasi, Keluarga Berjuang Bersihkan Nama Hasya dari Status Tersangka

Tolak Mediasi, Keluarga Berjuang Bersihkan Nama Hasya dari Status Tersangka

Top News • 7 hours ago

Keluarga Hasya, Mahasiswa UI yang menjadi korban tabrakan dengan mobil pensiunan polisi di Jagakarsa Jakarta Selatan berjuang membersihkan anakanya dari status tersangka. Mereka tetap menolak mediasi yang ditawarkan pihak kepolisian. 

Ibu Hasya, Dwi Syafiera Putri mengatakan bahwa ada upaya polisi untuk menyelesaikan kasus ini melalui mediasi. Selain itu, pihak keluarga Hasya juga siap membawa kasus ini ke pengadilan. Baginya, meskipun terduga pelaku sudah meminta maaf. Namun hukum harus tetap ditegakkan.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya, Komisaris Besar Latif Usman mengatakan, korban lalai dalam mengendai sepeda motor sehingga tewas tertabrak. 

Rusuh di Kantor Arema FC, 107 Orang Ditangkap Polisi

Rusuh di Kantor Arema FC, 107 Orang Ditangkap Polisi

Headline News • 7 hours ago

Pasca bentrokan dan perusakan di Kantor Sekretariat Manajemen Arema FC polisi menangkap 107 orang yang diduga melakuan tidak pidana.

Tim penyidik Polresta Malang Kota menggelar tahapan pemeriksaan dan penyelidikan hinga, Senin (30/1/2023). Hasilnya 94 dari 107 orang dilepas karena terbukti tidak berkaitan dengan aksi penyerangan dan perusakan di Kandang Singa, minggu (29/1/2023).
 
Sementara 13 orang lainnya, hingga kini masih terus menjalani proses pemeriksaan dan pendalaman. Tim penyidik juga masih melakukan gelar perkara untuk mencari kesesuaian antara keterangan saksi yang diperiksa dengan barang bukti yang berhasil dikumpulkan. Tahapan ini nantinya bakal menjadi awal dari proses penyidikan dan penjatuhan status tersangka kepada para pelaku yang terjaring.

Pengacara Korban Tabrak Lari di Cianjur: Pelaku Menggunakan Mobil Kijang Innova Bukan  Audi

Pengacara Korban Tabrak Lari di Cianjur: Pelaku Menggunakan Mobil Kijang Innova Bukan Audi

Top News • 7 hours ago

Polisi menetapkan tersangka kepada Sugeng Guruh Gautama (41) dalam kasus tabrak lari mahasiswi di Cianjur bernama Selvi Amalia. Namun, pihak keluarga korban mengatakan bahwa yang menabrak Selvi ialah yang mengendarai mobil Kijang Innova hitam bukan Audi hitam.

"Sesuai dengan investigasi yang dilakukan oleh keluarga, malam hari setelah kejadian, bahwa kita mengarah pada mobil Kijang Innova bukan Audi. Ada beberapa saksi yang menyatakan bahwa mobil Audi tersebut lewat setelah kejadian tabrakan terjadi," ungkap pengacara Keluarga Selvi, Yudi Junadi dalam Top News Metro TV, Senin (30/1/2023). 

Pihak korban menilai polisi tidak maksimal dalam melakukan penyidikan kasus ini dan hanya mengandalkan informasi sepihak. Keluarga juga mempunyai bukti bahwa yang menabrak korban bukan mobil Audi melainkan Kijang Innova. 

Namun, dengan kejadian ini pihak keluarga korban tidak akan menuntut apapun. Mereka hanya ingin pelaku bisa diusut tuntas. 

 Jaksa: Eliezer Berperan sebagai Eksekutor Pembunuhan Brigadir J

Jaksa: Eliezer Berperan sebagai Eksekutor Pembunuhan Brigadir J

Metro Pagi Prime Time • 7 hours ago

Jaksa menilai Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E berperan sebagai pelaku utama yang menembak Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Menurut jaksa pengacara Eliezer keliru karena menilai kliennya bisa lepas dari pertanggungjawaban hukum dengan alasan kesalahan psikologis.

"Dalam hal ini terdakwa Richard Eliezer berperan sebagai orang atau pelaku utama yang melakukan penembakan awal, penembakan kedua diperankan oleh saksi Ferdy sambo," kata jaksa.

Jaksa menyatakan Eliezer tidak dalam kondisi tertekan secara psikis dan terpaksa saat diperintahkan atasannya, Ferdy Sambo, buat menembak Brigadir J. Jaksa menganggap aksi Eliezer menembak Brigadir J semata-mata menunjukkan loyalitasnya kepada Sambo sehingga diwujudkan 
dalam bentuk kerja sama dengan peranan yang berbeda-beda. 

Diketahui, jaksa menolak nota pembelaan (pleidoi) terdakwa Richard Eliezer dalam kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Jaksa menilai pledoi Eliezer tidak berlandaskan yuridis untuk menggugurkan tuntutan 12 tahun penjara.

Jaksa Yakin Putri Ikut Merencanakan Pembunuhan Berencana Yosua

Jaksa Yakin Putri Ikut Merencanakan Pembunuhan Berencana Yosua

Top News • 7 hours ago

Jaksa Penuntut Umum meyakini bahwa Putri Candrawathi turut merencanakan pembunuhan berencana Brigadir J. Jaksa juga menyebut, penasihat hukum Putri tidak profesional, bahkan turut berkontribusi dalam mempertahankan kebohongan Putri. 

"Berdasarkan keterangan saksi Richard Eliezer lagi-lagi tim kuasa hukum terdakwa Putri Candrawathi memperlihatkan sikap yang tidak profesional. Bahkan tidak mempu mempertahankan hak lainnya, yakni terdakwa Putri Candrawathi. Bahkan tim pansihat hukum ikut berkontribusi dalam mempertahankan kebohongan yang dibangun oleh terdakwa Putri," ungkap Jaksa Penuntut Umum. 

Polisi Dalami Motif Eks Wali Kota Blitar Rampok Rumah Dinas

Polisi Dalami Motif Eks Wali Kota Blitar Rampok Rumah Dinas

Primetime News • 7 hours ago

Polda Jawa Timur masih mendalami motif mantan Wali Kota Blitar, Samanhudi Anwar merampok Wali Kota Blitar. Diduga motif perampokan di Rumah Dinas Wali Kota Blitar karena Samanhudi punya dendam pribadi terhadap Santoso. 

Mantan Wali Kota Blitar, Samanhudi Anwar kembali menjalani pemeriksaan di Polda Jatim untuk mendalami peran dan menggali motif tersangka.

Dalam perampokan ini, Samanhudi berperan sebagai pemberi informasi kondisi Rumah Dinas Wali Kota Blitar dengan sangat detail sehingga para pelaku bisa beraksi dengan sangat rapi. Polisi menduga Samanhudi memiliki dendam pribadi terhadap Wali Kota Blitar.

Jaksa Klaim Tuntutan 12 Tahun Bui Telah Pertimbangkan Kejujuran dan Status JC Eliezer

Jaksa Klaim Tuntutan 12 Tahun Bui Telah Pertimbangkan Kejujuran dan Status JC Eliezer

Primetime News • 7 hours ago

Jaksa telah melayangkan tuntutan 12 tahun penjara untuk Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E. Menurut jaksa dalam tuntutan tersebut telah mempertimbangkan kejujuran Eliezer selama menjalani proses persidangan.

“Tuntutan tersebut kami ajukan dengan mempertimbangkan kejujuran dalam memberikan keterangan dari Richard Eliezer yang telah membuka kotak pandora, sehingga terungkapnya kasus pembunuhan terhadap korban,” kata Jaksa ketika membacakan replik, dalam persidangan hari ini, Senin (30/1/2023).

Jaksa juga menegaskan tuntutan penjara terhadap Eliezer telah mempertimbangkan rekomendasi Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

"Tim penuntut umum juga telah mempertimbangkan rekomendasi dari LPSK berdasarkan surat Nomor: R0068/1.5.1HSHP/LPSK/01/2023, tanggal 11 Januari 2023," kata jaksa.

Jaksa menolak nota pembelaan (pleidoi) terdakwa Richard Eliezer dalam kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Jaksa menilai pledoi Eliezer tidak berlandaskan yuridis untuk menggugurkan tuntutan. 

Mes Karyawan Perusahaan Tambang di Maluku Utara Terbakar

Mes Karyawan Perusahaan Tambang di Maluku Utara Terbakar

Top News • 7 hours ago

Kebakaran hebat melanda sebuah mes karyawan perusahaan tambang PT Indonesia Weda Bay Industrial Park di Kabupaten Halmahera Tengha, Maluku Utara, Senin (20/1/2023), 15.30 WIT. Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran. 

Kebakaran membuat pekerja yang berada di dalam mes panik dan berlarian keluar menyelamatkan diri. Sementara, pekerja yang berada di luar gedung berteriak histeris memanggil bahkan melempari gedung mes agar karyawan yang berada di dalam gedung secepatnya keluar untuk menyelamatkan diri.

Kapolres Halmahera Tengah, AKBP Fadil Zikir membenarkan peristiwa nahas ini. Ia mengatakan belum diketahui penyebab kebakatan, tetapi telah menerjunkan personel ke TKP untuk penyelidikan.

Jadi Tersangka Perampokan, Eks Wali Kota Blitar Ajukan Praperadilan

Jadi Tersangka Perampokan, Eks Wali Kota Blitar Ajukan Praperadilan

Primetime News • 7 hours ago

Tersangka perampokan Rumah Dinas Wali Kota Blitar, Samanhudi Anwar mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Blitar, Jawa Timur. Kuasa hukum menilai, penetapan tersangka Samanhudi tidak memenuhi dua alat bukti. 

Dengan membawa sejumlah bukti, himpunan advokat lintas organisasi mengajukan praperadilan atas penetapan tersangka Samanhudi Anwar. Kuasa hukum mantan Wali Kota Blitar itu menilai, ada kejanggalan terhadap penetapan tersangka Samanhudi karena saat ditangkap Samanhudi belum pernah dilakukan pemeriksaan oleh polisi. 

Sementara Samanhudi juga tidak mengakui merencanakan aksi perampokan Rumah Dinas Wali Kota Blitar saat berada di Lapas Sragen.

Balada Kampung Ginjal (3)

Balada Kampung Ginjal (3)

Metro Realitas • 7 hours ago

Sebuah kampung kecil di Majalaya, Jawa Barat menyimpan fakta miris. Sebagian warga di Desa Wangisagara menjadi bagian dari praktik penjualan organ ginjal. Jual beli ginjal menjadi fenomena yang ditularkan turun-temurun hingga lintas generasi.

?Langgengnya bisnis haram ini diduga ada permainan bawah tangan antara pihak rumah sakit dengan sindikat penjualan organ. Lantas kenapa praktik gelap bongkar pasang ginjal masih bercokol?

Balada Kampung Ginjal (2)

Balada Kampung Ginjal (2)

Metro Realitas • 7 hours ago

Sebuah kampung kecil di Majalaya, Jawa Barat menyimpan fakta miris. Sebagian warga di Desa Wangisagara menjadi bagian dari praktik penjualan organ ginjal. Jual beli ginjal menjadi fenomena yang ditularkan turun-temurun hingga lintas generasi.

?Langgengnya bisnis haram ini diduga ada permainan bawah tangan antara pihak rumah sakit dengan sindikat penjualan organ. Lantas kenapa praktik gelap bongkar pasang ginjal masih bercokol?

Balada Kampung Ginjal (1)

Balada Kampung Ginjal (1)

Metro Realitas • 7 hours ago

Sebuah kampung kecil di Majalaya, Jawa Barat menyimpan fakta miris. Sebagian warga di Desa Wangisagara menjadi bagian dari praktik penjualan organ ginjal. Jual beli ginjal menjadi fenomena yang ditularkan turun-temurun hingga lintas generasi.

Langgengnya bisnis haram ini diduga ada permainan bawah tangan antara pihak rumah sakit dengan sindikat penjualan organ. Lantas kenapa praktik gelap bongkar pasang ginjal masih bercokol?

Pengacara Keluarga Brigadir J: Pledoi Putri Soal Pelecehan Hanya Khayalan

Pengacara Keluarga Brigadir J: Pledoi Putri Soal Pelecehan Hanya Khayalan

Primetime News • 7 hours ago

Pengacara Keluarga Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Martin Lukas menyebut pledoi Putri Candrawathi soal kekerasan seksual hanya khayalan. Keterangan mengenai pemerkosaan tidak akan bisa dijadikan bukti di persidangan.

"Yang disampaikan Putri soal pemerkosaan hanya angan-angan," ujar Martin Lukas dalam program Primetime News, Senin (30/1/2023).

Dengan tidak terbuktinya pemerkosaan itu, jaksa akhirnya menuntut Putri delapan tahun penjara. Namun, Putri masih tetap meminta keringanan dengan mengajukan nota pembelaan. Dalam nota pembelaannya, istri eks Kadiv Propam itu seolah menjadi korban kekerasan seksual dan berusaha menghasut pikiran jaksa.

Martin geram dengan pengakuan Putri yang konsisten mengaku sebagai korban pelecehan. Ia yakin pihak Putri tidak memiliki bukti yang bisa ditunjukkan di persidangan. Bahkan, Martin menantang istri eks Kadiv Propam untuk menunjukkan bukti pemerkosaan.

"Untuk pemerkosaan, harus ada bukti scientific, yakni visum," ucap Martin lukas.

Jaksa: Putri Menghendaki Kematian Yosua

Jaksa: Putri Menghendaki Kematian Yosua

Metro Hari Ini • 7 hours ago

Jaksa menyebut Tim Kuasa Hukum Putri Candrawathi keliru bahkan menampikkan fakta persidangan bahwa Putri Candrawathi menghendaki Yosua dibunuh. 

“Peristiwa pembunuhan berencana tersebut dikehendaki oleh terdakwa Putri Candrawathi, hal tersebut sudah tidak terbantahkan lagi,” kata jaksa dalam repliknya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (30/1/2023). 

Dalam sidang tersebut, jaksa menolak pembelaan Putri Candrawathi. Jaksa tetap menuntut Putri dengan delapan tahun penjara sesuai dengan surat tuntutan pada sidang 18 Januari 2023.